Resmikan MRT Jakarta Fase I, Jokowi: Ini Budaya Baru Transportasi RI

Image title
24 Maret 2019, 12:33
Presiden Joko Widodo (tengah kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah kanan) serta pejabat terkait menekan tombol saat meresmikan MRT
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Presiden Joko Widodo (tengah kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah kanan) serta pejabat terkait menekan tombol saat meresmikan MRT Jakarta, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) fase pertama. Didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah menteri, presiden meresmikan operasional MRT dengan menandatangani prasasti di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Jokowi mengatakan peresmian fase pertama ini merupakan sebuah peradaban baru bagi seluruh rakyat Indonesia  dan warga DKI Jakarta khususnya.“Ini adalah sebuah budaya baru karena merupakan yang pertama di negara kita Indonesia,” kata Jokowi, Jakarta, Minggu (24/3).

Advertisement

Jokowi mengimbau dua hal penting kepada masyarakat yang akan menggunakan layanan transportasi publik ini. Pertama, tidak membuang sampah di dalam MRT maupun di sekitar stasiun. Kedua, bagi para pengguna MRT agar membiasakan budaya antre dan disiplin waktu.

(Baca: Bicara Data Dirut MRT: Target Mengurangi Pengguna Kendaraan Pribadi)

Meski telah diresmikan pada hari ini, MRT Jakarta fase 1 baru resmi beroperasi komersil pada 1 April mendatang. Sedangkan untuk seminggu ke depan atau terhitung pada  25-31 Maret 2019, penggunaan kereta MRT masih digratiskan. Pembelian tiket MRT dapat dilakukan di vending machine dan sales office di setiap stasiun MRT Jakarta.

“Bagi yang belum mencoba, silahkan besok langsung dicoba. Mumpung masih gratis. Karena nanti sebulan lagi, bayar,” kata Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembangunan MRT fase 1 ini sebagai sebuah terobosan infrastruktur untuk mengatasi masalah transportasi di DKI Jakarta.

(Baca: MRT Jakarta Akan Siapkan Dua Pusat Lokasi Parkir)

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement