Google Siapkan Tiga Langkah Tangkal Hoaks Pemilu 2019

Ameidyo Daud Nasution
27 Maret 2019, 16:51
Joko Widodo
Foto:BPMI Setpres
Presiden Jokowi berdialog dengan CEO Google Sundar Pichai di san Fransisco.

Google Indonesia menyiapkan tiga langkah untuk menangkal informasi bohong alias hoaks menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bulan depan. Hal ini dilakukan agar platform pencarian elektronik ini tetap dipercaya para pengguna internet dan calon pemilih.

Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia Putri R. Alam mengatakan langkah pertama adalah dengan memberikan peringkat (rating) kualitas dalam algoritma pencarian informasi Google. Ini memungkinkan pengguna dan calon pemilih mendapatkan sumber informasi terpercaya seperti media yang terpercaya.

"Ini jadi untuk meningkatkan kualitas (informasi)," kata Putri dalam sebuah acara diskusi yang digelar di Jakarta Pusat, Rabu (27/3). (Baca: Media Siber Bersatu Perangi Hoaks)

Langkah kedua, menangkal konten yang disebarkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dia mengatakan, Google tak akan segan-segan membekukan akun yang terindikasi memiliki niat jahat dalam menyebarkan konten disinformasi.

Langkah ketiga, memberikan konteks informasi yang jelas kepada pengguna internet. Pengguna Google akan mendapatkan informasi dari sumber ilmiah dan terpercaya ketika masuk ke mesin pencari. Putri mencontohkan apabila ada pengguna mencari video soal vaksin yang berbahaya di Youtube, maka hasil pencarian pertama akan dimunculkan penjelasan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Terkait Pemilu 2019, Google telah bekerja sama dengan penyelenggara pesta demokrasi tersebut. Dengan kerja sama ini, Google mendorong lembaga seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendaftar ke Project Shield.

Project Shield adalah layanan gratis dari Jigsaw dengan teknologi Google untuk melindungi situs dari serangan DDos atau penolakan layanan terdistribusi. Serangan ini biasanya mengakibatkan pengguna utama atau admin tak dapat mengakses situs lantaran lalu lintas jaringan dibanjiri informasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...