Jokowi Kampanye di Balikpapan, Prabowo Orasi di Bandung

Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2019, 12:26
Jokowi- Ma'ruf Amin serta Prabowo-Sandiaga
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi dan Ma\'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti rapat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018). \

Dua calon presiden yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto hari ini menggelar kampanye di dua kota berbeda yakni Balikpapan dan Bandung. Ini merupakan bagian dari kampanye terbuka yang dilakukan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Dari agenda yang diterima Katadata.co.id, Jokowi mengunjungi dua titik yakni kampung nelayan di Manggar dan Gedung DOM Balikpapan. "Kampung Nelayan Manggar pukul 09.00 WITA dan Dome Balikpapan pukul 10.00 WITA," demikian keterangan agenda Jokowi, Kamis (28/3). 

(Baca: Jokowi Aktif Kampanye, Wiranto Pastikan Pemerintahan Tak Terganggu)

Jokowi baru saja menyelesaikan kampanye di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (27/3) kemarin . Di provinsi tersebut, dia berharap dapat mendulang suara besar. Bahkan, dia yakin suaranya akan berbalik unggul hingga 60%-65 persen ketimbang Pilpres 2014 lalu yang hanya mampu meraup 49 persen suara.

Sementara itu, Prabowo akan berkampanye di lapangan Sidolig, Bandung. Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional 02 Andre Rosiade mengatakan kunjungan ke Bandung ini merupakan bagian dari menggarap suara tradisional di Jawa Barat. Selain Bandung, Prabowo juga akan menyapa warga Bogor hari Jumat (29/3) besok, kemudian berlanjut ke Karawang.

(Baca: Kampanye Rapat Umum Dinilai Tak Beri Efek Elektoral Signifikan)

Andre mengklaim posisi elektabilitas Prabowo di Jabar saat ini unggul 15 persen dibanding Jokowi. Dia juga meragukan klaim kubu lawannya yang mengatakan 01 saat ini mulai unggul atas 02 di Tanah Pasundan. Menurutnya, apabila menang, Jokowi tak akan panik dengan meluncurkan sejumlah gestur yang aneh.

"Tidak akan ada (kemenangan Jokowi di Jawa Barat), saya akan lawan," kata Andre kepada Katadata.co.id, Kamis (28/3).

Seolah membagi jatah wilayah kampanye, calon wakil presiden 01 yakni Ma'ruf Amin hari ini menyambangi beberapa pesantren di provinsi Yogyakarta. Sementara cawapres kubu 02 Sandiaga Uno akan berkampanye di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) di Sulawesi Selatan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...