Menko Darmin: 143 Juta Penduduk Indonesia Bisa Akses Internet

Pingit Aria
28 Maret 2019, 16:56
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.
Donang Wahyu|KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah cukup tinggi. Menurutnya, saat ini 54,68% atau 143 juta penduduk di Indonesia sudah bisa mengakses internet.

“Angka ini dapat menjadi kekuatan sangat besar, baik sebagai pasar maupun sebagai produsen di sektor digital," kata Darmin dalam Smart Citizen Day 2019 yang digelar Qlue di Jakarta, Kamis (28/3).

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan ruang bagi tumbuhnya bisnis digital. Menurutnya, dalam waktu singkat, valuasi 10 perusahaan digital teratas tumbuh lebih tinggi dari perusahaan konvensional.

Selain itu, internet juga membuka peluang usaha karena telah mengubah berbagai model bisnis. Salah satunya, model bisnis share economy dapat meningkatkan nilai dan pemanfaatan aset berupa properti kendaraan masyarakat.

Kemudian, ekonomi digital juga dinilainya mampu meningkatkan kesejahteraan. Darmin mencontohkan, aplikasi berbasis jasa seperti Go-Jek, berkontribusi dalam mendorong kemakmuran masyarakat seperti sopir, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta menciptakan inklusivitas keuangan.

(Baca juga: Reportase: Internet di Rumah Pengasingan Bung Karno)

Bahkan, banyak platform yang lahir untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian dan perikanan. Mereka memotong rantai distribusi sehingga menciptakan efisiensi dan peluang lebih luas bagi para petani maupun nelayan.

"Telah banyak platform yang coba mendorong sektor agrikultur memanfaatkan teknologi digital, seperti aplikasi 'Regopantes' untuk sektor pertanian, dan aplikasi 'Aruna' untuk sektor perikanan," ujar Darmin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...