PGN Bangun Terminal LNG Jawa Timur, Beroperasi Kuartal IV 2019

Martha Ruth Thertina
29 Maret 2019, 14:40
Perusahaan Gas Negara (PGN)
Donang Wahyu|KATADATA
Perusahaan Gas Negara (PGN)

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN melalui anak usaha PT PGN LNG Indonesia atau PLI bekerja sama dengan PT Pelindo III (Persero) mengembangkan terminal gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) Teluk Lamong di Jawa Timur. Terminal LNG tersebut ditargetkan beroperasi pada kuartal IV tahun ini.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menjelaskan, dengan tambahan pasokan gas dari terminal tersebut, pihaknya dapat meningkatkan ketahanan dan keberlangsungan pasokan gas untuk sistem distribusi Jawa Timur dengan sasaran industri, ritel, dan kelistrikan.

Advertisement

“Saat ini pasokan gas untuk sistem distribusi Jawa Timur hanya mengandalkan sumur-sumur gas berdasarkan kontrak kerja sama minyak dan gas bumi yang berada di sekitar Jawa Timur,” kata dia, seperti dikutip dari siaran pers PGN, Jumat (29/3).

(Baca: Nusantara Regas dan PGN Kembangkan Bisnis Gas di Jabar dan Lampung)

Selain untuk melayani kebutuhan energi di Jawa Timur, terminal tersebut akan dioperasikan untuk melayani kebutuhan energi di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan sekitarnya. Adapun dalam pembangunan terminal dan seluruh fasilitasnya, PLI bekerja sama dengan PT Pelindo Energi Logistik.

Pada fase pertama, terminal LNG Jawa Timur akan memiliki kapasitas regasifikasi sebesar 30 BBTUD. Kapasitas akan dikembangkan sesuai dengan pertumbuhan kebutuhan energi di wilayah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement