Pemerintah Akan Bangun Jaringan Gas di 18 Wilayah

Image title
13 Maret 2019, 21:36
Jaringan gas rumah tangga
Arief Kamaludin | Katadata
Jaringan gas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di 18 kabupaten/kota. Untuk merealisasikan program ini, kementerian telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penyediaan dan pendistribusian gas bumi dengan pemerintah daerah tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mendukung program diversifikasi energi. Beberapa upayanya adalah konversi minyak tanah ke LPG, diversifikasi BBM ke BBG untuk transportasi, dan pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui pipa (jargas).

Advertisement

Menurutnya, pembangunan jargas ini merupakan kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat, sehingga perlunya dukungan pemda dalam memberikan perizinan pembangunan Jargas sangat penting. Total jargas yang dibangun di 18 wilayah ini mencapai 78.216 sambungan rumah (SR) dengan menggunakan anggaran negara. (Baca: Pembangunan Jaringan Gas Terkendala Anggaran)

“Pembangunan ini didampingi oleh Pertamina melalui PGN. Program ini perlu didukung oleh pemerintah setempat. Kami harap Bupati/Walikota membantu mempermudah perizinan,” kata Djoko saat penandatangan MoU tersebut di Jakarta, Rabu (13/3).

Di tempat yang sama Walikota Palembang Harnojoyo menyatakan dukungannya terhadap pembangunan infrastruktur ini, karena sangat dibutuhkan masyarakat, terutama di daerahnya. “Jelas pertama perizinan, kemudian perlindungan soal pemasangan. Sosialisai juga. Karena ini kebutuhan kami juga kan,” ujar Harnojoyo di Jakarta, Rabu (13/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement