BI Bakal Uji Coba Standardisasi Kode QR dengan Singapura dan Thailand

Desy Setyowati
5 April 2019, 01:00
Go-Pay
Go-Jek
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.

Bank Indonesia (BI) berencana menerapkan standardisasi kode Quick Response (QR) pada semester kedua 2019. BI pun akan bekerja sama dengan bank sentral Singapura dan Thailand untuk menerapkan standardisasi kode QR  lintas negara (cross border).

Asisten Gubernur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta belum menyampaikan kapan kerja sama itu bakal direalisasikan. Ia menargetkan standardisasi kode QR yang diberi nama QR Code Indonesia Standar (QRIS) ini diterapkan sesuai target. “Secara nasional kami harapkan semester kedua bisa kami lakukan, termasuk cross border,” kata Filianingsih di kantornya, Jakarta, Kamis (4/4).

(Baca: Tren Baru Pembayaran Kode QR yang Menyimpan Masalah)

Untuk menerapkan standardisasi kode QR secara internasional ini, BI mengacu pada Europay Mastercard Visa (EMV). EMV merupakan standar pembayaran menggunakan chip, Near Field Communication (NFC) maupun kode QR sebagai penghubung (interface) ke dompet digital (e-wallet).

Singapura dan Thailand menggunakan standar yang sama, yakni EMV. “Ada benefit kalau pakai standar yang sama. Tentunya degan spesifikasi yang berbeda-beda tiap negara,” kata dia. Benefit yang dimaksud seperti biaya sistem pembayaran menjadi lebih murah. “Kami juga akan lakukan uji coba lintas negara. Kami sudah sepakat kerja sama.”

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...