Melonjak 150%, Erajaya Raup Laba Bersih Rp 850 Miliar pada 2018

Image title
Oleh Ekarina
8 April 2019, 11:31
Erafone
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Erafone di kawasan Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat (4/4).

Perusahaan distributor dan retailer handset, PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) membukukan penjualan sebesar Rp 34,7 triliun sepanjang 2018. Angka itu melonjak 43% dari realisasi tahun sebelumnya sebesar Rp 24,2 triliun, dipicu oleh meningkatnya volume penjualan smartphone dan ekspansi gerai.

Peningkatan penjualan dan kenaikan rata-rata harga jual turut mendongkrak perolehan laba perseroan. Laba bersih Erajaya sepanjang tahun lalu naik signifikan hingga  150% atau menjadi Rp 850 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp 339,5 miliar dengan raihan margin kotor dan margin laba bersih masing-masing sebesar 91% dan 2,5%.

Presiden Direktur Erajaya, Budiarto Halim mengatakan cukup puas dengan pertumbuhan bisnis perusahaan. "Pencapaian ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan kondisi pasar yang secara umum tidak setinggi tahun sebelumnya. Kami juga melihat 2018  sebagai momentum positif dalam penjualan smartphone  sebagai pendukung aktivitas sehari-hari," katanya dalam keterangan resmi, Senin (8/4).

(Baca: Pemilik Jaringan Erafone Targetkan Buka 300 Gerai Tahun Depan)

Pada 2018 Erajaya tercatat telah menjual lebih dari 16 juta smartphone. Volume penjualan Erajaya meningkat 30% dibanding tahun sebelumnya. Rata-rata kenaikan harga jual produk (average selling price/ASP) pada tahun lalu juga tercatat sebesar 13%. Hal ini juga turut memicu peningkatan pendapatan dan laba bersih perseroan.

Budiarto mengatakan, peningkatakan volume penjualan yang tinggi mencerminkan minat masyarakat yang tinggi terhadap smartphone berkualitas dengaan harga terjangkau. Peluang itu juga ditangkap perusahaan dengan meningkatkan jaringan pemasaran atau gerai Erafone di seluruh wilayah Indonesia.

Sepanjang tahun lalu, perusahaan tercatat telah membuka sebanyak 212 gerai di Indonesia, Malaysia serta Singapura. Dengan demikian, hingga akhir tahun lalu Erajaya tercatat telah mengoperasikan sekitar 936 gerai Erafone di Indonesia dan kawasan regional.

(Baca: Jakarta Great Online Sale Dibuka Besok, Tawarkan Diskon Hingga 95%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...