Empat Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Saat Mudik Lebaran

Image title
26 Maret 2019, 18:12
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Foto udara pembangunan jalan tol Medan-Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (6/5/2017).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa ada empat ruas jalan tol baru yang sudah bisa digunakan untuk mudik Lebaran nanti. Ruas tol yang dimaksud yaitu, Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Pandaan-Malang, dan Porong-Gempol di Jawa Timur, serta Serampah-Tebing Tinggi di Sumatera Utara.

Pertama, tol Paspro. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tol yang pembangunannya dimulai pada Mei 2016 ini sudah rampung dan siap diuji coba. Tol sepanjang 31,30 kilometer (km) ini digadang-gadang bakal memangkas waktu tempuh Pasuaruan-Probolinggo yang biasanya 2,5 jam menjadi 30 menit.

Advertisement

"Sebetulnya saya kira ujinya bisa minggu ini atau minggu depan, artinya sudah mendekati peresmian," kata dia di Jakarta, Selasa (26/3).

(Baca: Tarif Tol Trans Jawa Akan Ditetapkan Usai Pilpres 2019)

Kedua, tol Pandaan-Malang. Tol yang memiliki panjang 38,49 km ini terbagi dalam lima seksi, yaitu Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,48 km, Purwodadi-Lawang 8,05 km, Lawang-Singosari 7,10 km, Singosari-Pakis 4,75 km, dan Pakis-Malang 3,11 km.

Ketiga, tol Sei Rampah-Tebing Tinggi. Tol yang memiliki panjang 9,26 km ini merupakan seksi tujuh dari tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang memiliki panjang 61,7 km. Dengan adanya ruas tol ini, maka jarak tempuh bisa dipangkas dari 2-3 jam menjadi 1 jam.

Terakhir, ruas tol Porong-Gempol yang memiliki panjang 6,34 km. Tol ini merupakan relokasi dari tol Surabaya-Gempol ruas Porong-Gempol yang ditutup sejak akhir 2006 akibat peristiwa Lumpur Lapindo. Adapun tol ini mulai dikerjakan pada awal 2017.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement