Hashim: Surat Suara Tercoblos di Malaysia Bukti Ada Kecurangan Pilpres

Dimas Jarot Bayu
11 April 2019, 23:23
Pilpres 2019, Kecurangan Pilpres, KPU, Bawaslu
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pekerja menata surat dan kotak suara untuk Pemilu 2019 di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2019).

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo ikut bicara terkait temuan surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia. Menurut Hashim, temuan tersebut membuktikan kecurigaannya atas kecurangan Pilpres 2019 sejak lama.

Dalam beberapa bulan terakhir, BPN memang kerap curiga adanya kecurangan dalam Pilpres 2019. Bahkan, BPN berulang kali melaporkan berbagai masalah dalam Pilpres 2019 kepada KPU dan Bawaslu.  "Peristiwa itu merupakan bukti kecurigaan kami bahwa ada kecurangan dan itu terjadi di Malaysia," kata Hashim di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (11/4).

Hashim lantas bersyukur dengan terbongkarnya masalah tersebut. Ia mengapresiasi warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia yang berani membongkar masalah surat suara tercoblos itu. Lebih lanjut, Hashim menilai permasalahan ini seharusnya dapat menjadi perhatian seluruh pihak, baik kubu Prabowo-Sandiaga maupun Joko Widodo-Ma'ruf Amin.  Sebab, persoalan ini tak hanya masalah petahana.

(Baca: Mahfud MD: Tak Ada Kecurangan Terstruktur dalam Pilpres 2019)

Hal ini juga dapat menjadi masalah Prabowo-Sandiaga jika nantinya memenangkan Pilpres 2019. Ia khawatir keabsahan hasil Pilpres 2019 nanti dipermasalahkan oleh pihak petahana jika kubu Prabowo-Sandiaga menang.

Atas dasar itu, ia meminta berbagai pihak untuk mewaspadai adanya kecurangan dalam Pilpres 2019 2019. Dia juga meminta KPU dan Bawaslu tak abai dengan adanya persoalan dalam kontestasi politik saat ini, salah satunya terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Kami menduga masih ada banyak nama-nama yang sebetulnya tidak boleh ada pada daftar itu," kata Hashim.

Sebelumnya diketahui sekitar 95 kantong surat suara Pemilu 2019 yang telah tercoblos ditemukan di sebuah bangunan kosong di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia. Mayoritas surat suara itu telah tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan anggota DPR RI Daerah Pemilihan 2 dari Partai Nasdem.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...