Surat Suara Tercoblos untuk Anak Bos Lion Air, Nasdem Cek ke Lokasi

Ameidyo Daud Nasution
11 April 2019, 18:27
surat suara tercoblos di Malaysia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pekerja lepas melipat surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/3).

Partai Nasdem  melakukan pengecekan secara langsung lokasi surat suara yang diduga tercoblos dengan nama calon legislatornya yakni Davin Kirana dan Achmad. Davin merupakan putra dari pemilik Lion Group yang juga Duta Besar RI untuk Malaysia yakni Rusdi Kirana.

Davin tercatat calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat RI nomor urut 01 untuk Daerah Pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Pusat, dan Luar Negeri.

Pengecekan langsung ke lokasi temuan surat suara dilakukan Ketua Nasdem Malaysia yakni Tengku Adnan. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem bidang Media dan Informasi Publik Willy Aditya mengatakan pihaknya akan menyerahkan segala temuan ketidakjujuran pelaksanaan Pemilu kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu.

"Kami saat ini terus mencari informasi kebenaran rekaman video dengan menugaskan Ketua Nasdem Malaysia," kata Willy dalam keterangan resmi, Kamis (11/4).

(Baca: Jokowi Minta Bawaslu Usut Dugaan Surat Suara Tercoblos di Malaysia)

Bukan hanya caleg Nasdem, namun surat suara tercoblos juga terlihat pada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Namun Willy mengatakan Partai Nasdem secara prinsip menghormati dan menjunjung azas Pemilu yang dianut yakni Langsung, Umum, Bersih, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil).

"Prinsipnya kami kami menghormati dan menjunjung tinggi dalam Pemilu serentak 2019," pungkasnya.

Sementara itu calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Pengawas Pemilu mengusut perkara tersebut.

"Kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran, laporkan saja ke Bawaslu," kata Jokowi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...