Katadata Investor Index: Investor Puas dengan Kinerja Pemerintah

Sorta Tobing
11 April 2019, 13:33
Katadata Insight Center, Katadata Investor Confidence Index, KICI, indeks kepercayaan investor kepada pemerintah, makro ekonomi
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Dari hasil survei Katadata Insight Center, indeks kepercayaan investor terhadap pemerintah naik signifikan dari 156,2 pada triwulan empat 2018 menjadi 172,1 di kuartal selanjutnya.

Investor di pasar finansial memberikan penilaian yang baik terhadap kinerja pemerintah pada triwulan pertama 2019. Hal ini tercermin dari indeks kepercayaan investor terhadap pemerintah yang naik signifikan dari 156,2 pada triwulan sebelumnya menjadi 172,1.

Angka tersebut merupakan hasil survei terhadap 255 investor institusi di pasar finansial yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC). “Penilaian tersebut berlaku baik secara keseluruhan maupun pada lima komponen pembentuk indeks tersebut,” kata Wahyu Prasetyawan, panel ahli KIC dalam pemaparan bertajuk H-6 Pilpres: Kinerja Pemerintah di Mata Investor di Jakarta, Kamis (11/4).

(Baca: Dibandingkan Asing, Investor Domestik Lebih Percaya kepada Pemerintah)

Lima komponen pembentuk indeks tersebut adalah pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, suasana aman dan tenteram, stabilitas harga barang dan jasa, penyediaan infrastuktur, serta kepastian hukum dan keadilan. “Semua komponen penyusun indeks mengalami kenaikan dan berada pada level yang relatif tinggi, khususnya dalam menyediakan infrastruktur,” ujar Wahyu.

Kompenen indeks menyangkut infrastruktur naik dari 173,8 menjadi 184,7. Untuk penciptaan rasa aman angkanya dari 166,9 menjadi 182,7. Namun, soal kepastian hukum dan rasa keadilan mendapat nilai terendah di antara  komponen indeks lainnya.

Investor nilai positif indikator makro ekonomi

Panel ahli KIC Damhuri Nasution menjelaskan, kenaikan kepercayaan investor terhadap kinerja pemerintah sejalan dengan penilaian positif terhadap sejumlah indikator makro ekonomi. “Sebanyak 62% investor memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik pada triwulan pertama 2019,” ujar Damhuri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...