Suku Bunga Deposito Naik, Manajer Investasi Beralih dari Saham

Rizky Alika
11 April 2019, 17:10
katadata insight center, katadata investor confidence index, kici, kic, survei investor
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Katadata Insight Center (KIC) mengadakan diskusi mengenai survei terhadap 255 investor institusi di seluruh Indonesia bersama Damhuri Nasution (Panel Ahli Katadata Insight Center) dan Wahyu Prasetyawan Ph.D (Panel Ahli Katadata Insight Center) di GoWork – CoWorking Space, Chubb Square, Jakarta Pusat (11/4). Investor institusi tersebut meliputi pengelola investasi di perusahaan manajemen investasi (investment management), perusahann asuransi, dan dana pensiun. Mereka mengelola dana sedikitnya Rp 500 triliun.

Hasil survei Katadata Investor Confidence Index (KICI) menunjukkan manajer investasi akan mengalihkan saham dalam portofolionya pada tiga bulan mendatang. Hal itu diduga karena tren suku bunga deposito yang masih naik.

"Mereka akan meningkatkan porsi portofolio di pasar uang dibandingkan di pasar saham," kata Panel Ahli Katadata Insight Center Damhuri Nasution dalam pemaparan bertajuk H-6 Pilpres: Kinerja Pemerintah Di Mata Investor di Jakarta, Kamis (11/4).

Menurut dia, manajer investasi cenderung akan memilih investasi dengan imbal hasil yang lebih pasti, seperti pasar uang. Imbal hasilnya akan mengikuti pergerakan surat utang pemerintah Amerika Serikat (AS), US Treasury. Apalagi, tahun ini bank sentral AS, The Fed, memberi sinyal tidak akan menaikkan suku bunga acuannya.

(Baca: Katadata Investor Index: Investor Puas dengan Kinerja Pemerintah)

KICI merupakan indeks yang dikeluarkan oleh Katadata Insight Center (KIC). Pada Maret lalu, KIC melakukan survei terhadap 255 investor institusi di pasar finansial. Hasil surveinya untuk prospek tiga bulan ke depan dan melihat persepsi investor tentang kinerja pasar saham, prospek apresiasi nilai portofolio serta kemungkinan penambahan investasi di pasar modal.

Jika hasil indeks menunjukkan angka 0-99, maka persepsi investor sedang pesimistis. Sedangkan, di atas 101–200, maka persepsi investor terhadap ekonomi dan pasar keuangan optimistis. Angka indeks 100 dikategorikan netral.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...