Kampanye Terakhir, Jokowi Putihkan GBK, Sandi Main Gitar di Tangerang

Dimas Jarot Bayu
13 April 2019, 19:24
kampanye terakhir Pilpres 2019
Susana Konser Putih Bersatu Stadion Utama GBK, Senayan- Jakarta Pusat (13/4).

Kedua pasangan calon dalam Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah menyelesaikan agenda kampanye terbuka terakhirnya, Sabtu (13/4). Jokowi-Ma'ruf menggelar kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sementara Sandi menggelar kampanye di Alun-alun Kota Tangerang, Banten.

Kampanye akbar Jokowi-Maruf yang bertajuk Rapat Umum Rakyat Konser Putih Bersatu berlangsung sejak siang hingga sore hari. Kampanye dipadati oleh massa pendukung baik di dalam maupun luar areal GBK yang kompak mengenakan baju putih dan berbagai atribut pasangan calon nomor urut 01.

Acara ini disemarakkan oleh sejumlah artis, musisi, dan budayawan. Beberapa artis yang hadir, seperti Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro, Yuni Shara.

(Baca: Di Kampanye Akbar, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Jusuf Kalla)

Kemudian, Inul Daratista, Iis Dahlia, Ruth Sahanaya, Tompi, Giring, Cak Lontong, Desta, Olla Ramlan, Arie Kriting, Krisdayanti, Angel Karamoy. Selain itu, ada Seniman Bandung, Lakon 30, Kill the DJ, Chacha Fredrica, Ivan Seventeen, Aqi Alexa, Nirina Zubir, Natasha Rizky.

Hadir juga Hadir juga para tokoh agama dan pemuka masyarakat. Acara juga melibatkan banyak komunitas kreatif, baik di dalam maupun luar GBK. Beberapa komunitas yang hadir, seperti komunitas fotografi-videografi, barisan pemilik Warung Tegas, pemijat refleksi, skateboarders, sopir truk logistik, dan pengacara.

Konser putih
Slank tampil dalam Konser Putih Bersatu di GBK, Sabtu (13/4). (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

Jokowi dalam orasinya mengajak para pendukung untuk tidak bersikap pesimistis. Menurut Jokowi, tidak ada satu pun negara maju yang rakyatnya bersikap pesimistis. "Negara maju di mana pun pasti rakyatnya optimistis," kata Jokowi.

(Baca: Jokowi: Jangan Pesimistis, Indonesia Tidak Akan Bubar)

Dia pun memastikan Indonesia tidak akan bubar. Menurut Jokowi, Indonesia saat ini sudah berada pada jalan yang benar. Dia menyatakan memang kadang-kadang ada kesulitan dan kepahitan dalam mengelola Indonesia.

Jokowi menyatakan akan mewakafkan diri bersama Ma'ruf untuk kesejahteraan Indonesia. Wakaf merupakan istilah dalam agama Islam untuk menyerahkan sebagian harta miliknya untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan publik.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...