Prabowo Sindir SBY, Kader Demokrat Tinggalkan Arena Debat

Ameidyo Daud Nasution
13 April 2019, 23:10
debat Pilpres 2019
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (ketiga kiri) menerima kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebelum melakukan pertemuan tertutup di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Beberapa pengurus Partai Demokrat terlihat meninggalkan arena debat kepresidenan terakhir. Kejadian berlangsung sesaat setelah calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyinggung soal kesalahan presiden-presiden terdahulu, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika berdebat dengan Joko Widodo (Jokowi) mengenai industrialisasi.

Dalam debat, Prabowo menyebut kebijakan ekonomi Indonesia salah arah membuat Indonesia mengalami deindustrialisasi. Namun, hal ini bukan karena kesalahan Jokowi, namun karena kesalahan presiden-presiden sebelumnya. 

"Saya terus terang saya tidak menyalahkan pak Jokowi. Ini masalah kesalahan kita sebagai bangsa dan sudah berjalan belasan hingga puluhan tahun lalu. Ini kesalahan besar presiden-presiden sebelum bapak," kata Prabowo dalam Grand Ballroom Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4).

(Baca: Prabowo Soroti Deindustrialisasi, Jokowi Bangga Kuasai Freeport)

Usai pernyataan Prabowo tersebut, beberapa kader Demokrat memberikan respons negatif.  Salah satu kader bernama Ardy Mbalembout tampak marah dan mengajak Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) hengkang dari koalisi Prabowo -Sandiaga Uno.

"Bilang sama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kita keluar dari koalisi." teriak Ardy yang menjabat sebagai Sekretaris Dividi Hukum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. 

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...