Kurs Rupiah Cenderung Kuat, Hasil Pilpres Disebut Bisa Ubah Pergerakan

Martha Ruth Thertina
16 April 2019, 12:24
Nilai tukar rupiah cenderung menguat jelang Pilpres 2019
Donang Wahyu|KATADATA
Nilai tukar rupiah cenderung menguat jelang Pilpres 2019

Nilai tukar rupiah terpantau cenderung menguat sejak akhir Maret hingga sehari menjelang Pilpres 2019. Penguatan seiring masih derasnya aliran masuk modal asing ke pasar saham dan obligasi domestik (portofolio). Namun, ekonom melihat hasil Pilpres 2019 bisa mempengaruhi pergerakan ini.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Pieter Abdullah menjelaskan, nilai tukar rupiah sangat ditentukan oleh aliran modal masuk ke portofolio maupun langsung atau Foreign Direct Investment (FDI). Hasil Pilpres 2019 bakal mempengaruhi sikap investor.

Prediksi dia, investor bakal merespons positif bila petahana yang menang. “Kalau incumbent yang menang investor portofolio akan senang, pasar saham akan marak, rupiah bisa lebih menguat,” kata dia kepada katadata.co.id, Selasa (16/4).

(Baca: BI: Aliran Masuk Modal Asing April 2019 Capai Rp 91 Triliun)

Sebaliknya, bila pesaing yang menang, ia memprediksi akan ada shock di pasar walaupun sementara. Meskipun, ada juga beberapa pihak yang memprediksikan hasil Pilpres 2019 tidak akan banyak berpengaruh ke pasar. “Hasil Pemilu pasti berpengaruh, tapi ekonomi selalu berproses menyesuaikan,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...