Jokowi Kuasai Lumbung Suara Jateng dan Jatim versi Hitung Cepat

Rizky Alika
Oleh Rizky Alika - Yuliawati
18 April 2019, 09:39
Jokowi kuasai Jateng dan Jatim
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) menyapa pendukung usai memantau hasil hitung cepat di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Pasangan calon presiden (capres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul sementara berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) beberapa lembaga survei. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf disumbang kemenangan di wilayah yang menjadi lumbung suara atau memiliki jumlah pemilih terbanyak. 

Berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat enam provinsi dengan suara terbanyak dalam Pilpres 2019. Provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak yakni Jawa Barat dengan jumlah DPT mencapat 33,2 juta, kemudian diikuti Jawa Timur (30,9 juta), Jawa Tengah (27,8 juta), Sumatera Utara (9,7 juta), Banten (8,1 juta) dan DKI Jakarta (7,7 juta).

(Baca: Moeldoko Minta Prabowo Tak Buru-buru Menuding Pilpres 2019 Curang)

Berdasarkan hitung cepat Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA dengan jumlah data yang masuk 95,55%, Jokowi-Maruf unggul 55,44% dan pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh suara sebesar 44,56%.

Kemenangan Jokowi disumbang dari perolehan suara di Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Utara. Di Jawa Tengah, Jokowi unggul 77,1%, sedang Prabowo mendapat suara 22,9%. Untuk Jawa Timur, Jokowi masih menang telak dengan capaian 65,4% dan Prabowo hanya mengumpulkan suara 34,6%.

Untuk DKI Jakarta, Jokowi menang tipis sebanyak 53% dan Prabowo 47%. Begitu juga di Sumatera Utara, Jokowi unggul 52,8% dan Prabowo meraih 47,2%.

(Baca: Tak Ada Selebrasi Kemenangan, Yenny Wahid Sebut Jokowi Tak 'Kegeeran')

Adapun lumbung suara yang dikuasai Prabowo yakni Jawa Barat dan Banten. Di Jawa Barat, elektabilitas Prabowo 59,7% dan Jokowi 40,3%. Adapun di Banten, Jokowi hanya memperoleh suara 41% sementara Prabowo 59%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...