Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo Beroperasi Bulan Ini

Pingit Aria
20 April 2019, 14:08
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meninjau perkembangan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (21/2). Bandara baru yang ditargetkan beroperasi April 2019 tersebut diperkirakan bisa
HUMAS KEMENTERIAN BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meninjau perkembangan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (21/2). Bandara baru yang ditargetkan beroperasi April 2019 tersebut diperkirakan bisa menampung 14 juta penumpang per tahun.

Bandara Internasional Yogyakarta yang berada di Kabupaten Kulon Progo akan mulai beroperasi pada 29 April 2019. PT Angkasa Pura I (Persero) pun melakukan serangkaian simulasi terkait operasional bandara tersebut mulai hari ini hingga 26 April 2019 mendatang.

Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang dioperasikannya Bandara Internasional Yogyakarta. “Hal ini mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, melalui siaran pers, Sabtu (20/4).

Rangkaian simulasi tersebut akan menguji sejumlah aspek. Mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara.

Lebih detail, simulasi keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee) digelar pada 20 April 2019, dan simulasi operasional lapangan pada 24 April 2019. Kemudian, evaluasi simulasi pengoperasian bandara pada 25 April 2019, dan simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait pada 26 April 2019. 

(Baca juga: Jokowi Minta Bandara Kulonprogo Beroperasi April 2019)

Pada 22 April 2019 juga akan dilaksanakan penilaian potensi gangguan dan risiko atau hazard identification and risk assesment (HIRA) oleh maskapai dan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara pada 23 April 2019.

Faik menyatakan, saat ini permintaan slot penerbangan untuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih tinggi. Dengan dialihkannya penerbangan internasional dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta, maka permintaan slot penerbangan tersebut dapat diakomodir.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...