Sandiaga Dukung Pembentukan Tim Pencari Fakta Usut Kecurangan Pemilu

Ameidyo Daud Nasution
25 April 2019, 17:09
Sandiaga dukung Tim Pencari Fakta Pemilu
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Cawapres nomer urut 02 Sandaiaga Uno (kanan) melihat para relawan saksi melakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/4/2019). Kunjungan tersebut untuk memberikan semangat para relawan dalam mengawal penghitungan suara Pemilu Presiden 2019.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mendukung wacana pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) independen untuk mengusut kecurangan Pemilihan Umum 2019. Sandi menganggap tim tersebut sebaiknya bukan berasal dari tim sukses pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Awalnya ide ini dilontarkan Direktur Eksekutif Lokataru Foundation Haris Azhar dengan tujuan mencari tahu kejanggalan dalam Pemilu 2019. "Saya dukung tim independen pencari fakta yang menampung semua laporan," kata Sandi saat mengecek salinan data C1 bersama Ruang Sandi di Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (25/4).

(Baca: Kominfo Klarifikasi Video Viral Kertas Suara Pemilu Dibakar di Papua)

Meski demikian, Sandi menginginkan tim tersebut hanya berisi elemen masyarakat. Dia khawatir apabila tim sukses masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden, maka laporan berpotensi bias. "Harus dari masyarakat yang ingin keadilan bagi calonnya," kata Sandi.

Sandi juga meyakini tim akan membantu tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam membongkar adanya kecurangan. Penyelenggara pemilu nantinya dapat menindaklanjuti laporan yang ada.

"Jadi ada civil society yang memperkuat proses (pemilihan)," katanya.  (Baca: Kisah Para Pahlawan Pemilu yang Kelelahan hingga Meninggal)

Sandi juga menilai, tim dapat membantu mencari tahu sebab musabab proses Pemilu 2019 yang mengakibatkan 119 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal.

Sehingga tim ini dapat membantu membenahi proses Pemilu ke depannya. Apalagi menurut Sandi, anggaran Pemilu saat ini sangat besar. "Jadi harus dilakukan pendekatan yang kredibel," katanya.

Selain Sandi para tokoh elite di Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga mendukung usul pembentukan Tim Pencari Fakta kecurangan Pemilu. Lima Sekretaris Jenderal Partai pendukung Prabowo-Sandi hari ini mendatangi Komisi Pemilihan Umum di antaranya menyampaikan dukungan soal pembentukan tim tersebut. 

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...