20 Ribu Dokter dan 20 Juta Pasien 'Online' Terhubung Lewat Alodokter

Cindy Mutia Annur
26 April 2019, 06:00
Co-Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari usai acara Media Lunch with Alodokter di kantornya, Kamis (25/4).
Katadata/Cindy Mutia
Co-Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari usai acara Media Lunch with Alodokter di kantornya, Kamis (25/4).

Mencari referensi soal kesehatan terkadang bukan perkara sederhana. Untuk penyakit tertentu, pencarian metode pengobatan yang tepat bisa berlangsung bertahun-tahun. Hal itulah yang mengilhami berdirinya startup kesehatan Alodokter.

Alkisah, Co-Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari pernah didiagnosa menderita penyakit genetik langka di bagian tulang belakang. Ia perlu empat tahun untuk mencari dokter yang tepat demi kesembuhannya.

Usai menjalani pengobatan, Suci mulai membangun platform kesehatan bersama rekannya, CEO Alodokter Nathanael Faibis. “Jadi dari situ, minimal orang lain harus bisa mencegah atau harus tahu bagaimana bertindak ketika menderita penyakit,” ujar Suci saat ditemui di kantornya, Kamis (25/4).

Kini, di usianya yang kelima, Alodokter telah menghubungkan 20 juta pengguna dengan 20 ribu dokter dari wilayah Jabodetabek, Medan, Surabaya, hingga Makassar. “Para dokter tersebut juga pastinya valid dengan identitas, foto, dan tanggapannya (atas berbagai masalah kesehatan pengguna) di platform kami,” ujarnya.

Untuk memperoleh keuntungan, aplikasi ini melakukan mengandalkan dua fitur berbayar, yakni ‘Chat Bersama Dokter’ dan ‘Proteksi’. Selain itu, melalui fitur Artikel Kesehatan, Alodokter juga membuka iklan bagi produk-produk yang ingin memasarkan produk kesehatannya.

(Baca juga: Startup Layanan Kesehatan Medigo Raih Pendanaan Awal)

Suci mengatakan, perusahaannya telah didukung oleh beberapa investor internasional. Di antaranya, terdapat Soft Bank, GDV, 500 Startup yang berpartisipasi dalam pendanaan Seri A pada tahun 2014 dan pendanaan Seri B pada tahun 2015.

“Yang terpenting pendanaan tersebut benar-benar efektif penggunaannya agar visi kami tercapai, “ujar Suci tanpa menyebut nilainya.

Fitur Alodokter

Suci mengatakan, perusahaannya memiliki empat fitur. Pertama, fitur Chat Bersama Dokter. Lewat fitur ini pengguna dapat melakukan konsultasi terkait masalah kesehatan yang dialaminya dengan dokter.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...