Asosiasi E-Commerce: 3.500 Startup Bisa Tercapai Tapi Sulit Bersaing

Cindy Mutia Annur
18 Maret 2019, 16:43
GoStartupIndonesia Scale Con 2018
Katadata/Desy Setyowati
Suasana GoStartupIndonesia Scale Con 2018 yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Mandiri Capital di Jakarta, Senin (03/12).

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (iDEA) Ignatius Untung menilai, target Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengembangkan 3.500 startup pada 2024 sangat mungkin tercapai. Namun, ada risiko yang menyertai cepatnya pertumbuhan tersebut.

Risiko yang dimaksud adalah ketatnya persaingan, sehingga sulit bagi startup untuk tumbuh berkelanjutan. “Kalau tidak didukung pendanaan yang luar biasa, sepertinya akan berat bagi pemain baru masuk ke sektor yang sudah banyak pemainnya,” ujar dia kepada Katadata, Senin (18/3).

(Baca: Suntikan Modal Unicorn Selamatkan Investasi Indonesia)

Ia memberikan contoh, pelayanan di bidang berbagi tumpangan (ride-hailing) dikuasai oleh dua pemain besar yakni Gojek dan Grab. Memang ada beberapa pemain baru di sektor ini, seperti Anterin. Menurutnya, butuh pendanaan yang besar untuk mengalahkan dua pemain utama di bidang layanan ini.

Begitu pun dengan e-commerce. Ia melihat pemain di sektor ini cukup banyak. Kondisi serupa ia temukan di bidang layanan lain, seperti financial technology (fintech) baik pinjaman (lending) maupun pembayaran.

(Baca: Aplikasi Mertani Bantu Petani Pantau Tanaman Lewat Ponsel)

Untuk itu, menurutnya pertumbuhan startup harus dibarengi dengan upaya pengembangan. Selain itu, startup yang dibangun harus masuk ke sektor yang belum banyak dijamah seperti kesehatan (health-tech) dan agribisnis (agro-tech). Toh, kedua sektor ini menurutnya tengah berkembang sehingga potensial untuk digarap.

Dia juga berharap, pemerintah menyiapkan langkah khusus untuk menjaga ketahanan dan kualitas dari startup yang bakal dikembangkan. “Mendirikan perusahaan itu mudah. Yang sulit mempertahankan bisnisnya dan mencari cara bagaimana perusahaan itu untung,” ujar Ignatius.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...