Bekraf Bawa 24 Proyek Ikut Program Inkubasi Docs by The Sea di Bali

Michael Reily
26 April 2019, 16:33
Peserta program inkubasi Docs By The Sea (DBTS) Incubator 2019 hasil kerjasama Bekraf dengan In-Docs. Program yang dimulai pada 25 April hingga 2 Mei 2019.
Bekraf
Peserta program inkubasi Docs By The Sea (DBTS) Incubator 2019 hasil kerjasama Bekraf dengan In-Docs. Program yang dimulai pada 25 April hingga 2 Mei 2019.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Docs by The Sea Incubator sebagai program inkubasi proyek film dokumenter di Asia Tenggara. Sebanyak 9 karya asal Indonesia ikut dari total 24 proyek yang ikut serta program pada 25 April hingga 2 Mei 2019 di Bali.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik menyatakan 24 proyek yang ikut program hasil dari seleksi 112 proposal. Tujuan Docs By The Sea adalah kesempatan pendanaan dan perluasan jangkauan distribusi di industri film dokumenter internasional.

Advertisement

Ricky mengungkapkan peluang perkembangan film dokumenter terbuka lebar sejak film ditarik dari daftar hitam investasi di Indonesia. "Kini Indonesia diprediksi menjadi the next big thing di sektor perfilman di Asia,” katanya dalam keterangan resmi dari Bali, Jumat (26/4).

Fokus dalam inkubasi Docs By The Sea adalah program inkubasi untuk peningkatan cerita, proses edit film, serta penambahan nilai kreatif. Terdapat creative producing lab sebagai lab pertama yang gelar di Asia Tenggara dengan tujuan untuk meningkatkan kuantitas produser film yang kompeten.

(Baca: Film "Kucumbu Tubuh Indahku" Ditolak, Garin Nugroho Buka Suara)

Ricky menambahkan, Docs by The Sea terselenggara sejak 2017 membuka akses festival film, pendanaan, maupun international pitching forum. Selama 2 tahun, pendanaan yang dihasilkan mencapai US$ 193.486 atau sekitar Rp 2,7 miliar (kurs Rp 14.100).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement