Kolaborasi dengan 88rising, Bekraf Promosikan Musik Indonesia di AS

Penulis: Michael Reily

Editor: Pingit Aria

26/4/2019, 18.22 WIB

Nantinya, 5 vokalis solo terpilih akan berpartisipasi dalam program pelatihan di Los Angeles, California, AS.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif dalam acara Kolaborasi antara Viu dan BEKRAF di Gedung BUMN, Jalan Merdeka, Jakarta Pusat (25/2). Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas film Indonesia lewat program mentoring Viu - BEKRA
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif dalam acara Kolaborasi antara Viu dan BEKRAF di Gedung BUMN, Jalan Merdeka, Jakarta Pusat (25/2). Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas film Indonesia lewat program mentoring Viu - BEKRAF.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjalin kerja sama dengan rumah produksi asal Amerika Serikat (AS) 88rising untuk mempromosikan musik Indonesia. Targetnya, vokalis solo Tanah Air bakal lebih banyak menembus pasar Negeri Paman lewat program Indonesia Creative Incorporated (ICINC).

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan talenta musisi Indonesia memiliki daya saing di pasar global. "Kami berharap menemukan talenta yang memperkuat representasi vokalis solo Indonesia di pasar global,” kata Triawan dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (26/4).

Dia menjelaskan, musik dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi, penyerap tenaga kerja, meningkatkan ekspor, dan menciptakan sumber pendapatan pajak. Oleh karena itu, Bekraf memprioritaskan subsektor musik.

Triawan mengungkapkan, subsektor musik mengalami pertumbuhan sebesar 7,59%. Selain itu, subsektor musik mampu menghasilkan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp 4.426 miliar pada tahun 2016. AS juga menempati peringkat pertama negara tujuan ekspor ekonomi kreatif dengan porsi sebesar 30,24%.

(Baca: Bekraf Bawa 24 Proyek Ikut Program Inkubasi Docs by The Sea di Bali)

Chief Executive Officer (CEO) 88rising Sean Miyashiro mengakui kolaborasi bakal memicu dampak yang luas. ICINC mendorong vokalis solo untuk mengasah keterampilan dan kemampuan mereka, serta mengasah kreativitas mereka untuk terus berkembang di lingkungan tepat dengan platform dan sumber daya yang tepat.

Beberapa tahun terakhir, 88rising sukses menarik perhatian dunia melalui para musisinya berasal dari berbagai negara di Asia, terutama Rich Brian. Semua seniman yang tergabung di dalam 88rising memiliki cerita dan gaya unik, tetapi secara kolektif menjadi wakil kreativitas anak muda Asia.

Sean menjelaskan Rich Brian juga sukses merepresentasikan talenta muda Indonesia secara global karena karya seni kualitas tinggi, serta membuat sejarah baru. "Kami juga percaya bahwa kombinasi dari talenta dan pemahaman kami tentang pasar global berkontribusi di balik kesuksesan artis-artis kami,” ujar Sean.

(Baca: Indonesia Tampilkan Lima Karya Instalasi dalam Venezia Biennale 2019)

Pendaftaran ICINC akan dibuka mulai 24 April - 31 Mei 2019 melalui www.icinc.id. Nantinya, 5 vokalis solo terpilih akan berpartisipasi dalam program pelatihan di Los Angeles, California, AS. 88rising akan membantu mereka secara langsung menciptakan single debut mereka serta memberikan pemahaman mendalam tentang industri musik global.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan