Lembaga Rating Jepang Naikkan Prospek Peringkat Utang Indonesia

Rizky Alika
27 April 2019, 11:14
japan credit rating agency, peringkat utang indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Pemerintah dinilai berhasil merumuskan rencana pembangunan infrastruktur dalam skala besar, untuk mengatasi kebutuhan infrastruktur yang menjadi hambatan dalam pertumbuhan ekonomi.

Lembaga pemeringkat asal Jepang, Japan Credit Rating Agency, Ltd. (JCR) menaikkan Outlook Sovereign Credit Rating (peringkat utang) Indonesia dari stabil menjadi positif dengan rating tetap pada BBB (investment grade).

JCR menjelaskan dinaikkannya outlook peringkat utang Indonesia berdasarkan pada solidnya pertumbuhan ekonomi Indonesia serta akan berlanjutan proses reformasi dengan terpilihnya kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia.

Advertisement

"Presiden Joko Widodo kemungkinan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui reformasi yang berkelanjutan," demikian ungkap General Manager Departemen Pemeringkatan Internasional JCR Atsushi Masuda seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (26/4).

Naiknya peringkat utang Indonesia tersebut mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang solid ditopang oleh konsumsi domestik, defisit anggaran dan utang pemerintah yang terjaga, serta ketahanan terhadap gejolak global. Hal ini didukung oleh kebijakan nilai tukar fleksibel dan jumlah cadangan devisa yang memadai.

(Baca: R&I Tahan Rating Utang RI, BI Sebut Tunjukkan Kebijakan Ekonomi Tepat)

Selain proses reformasi yang akan berlanjut, ada faktor lain yang mendukung perbaikan outlook tersebut. Pemerintah dinilai berhasil merumuskan rencana pembangunan infrastruktur dalam skala besar. Pembangunan diarahkan untuk mengatasi kebutuhan infrastruktur yang menjadi hambatan dalam pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement