Menko Darmin Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I di Atas 5,06%

Rizky Alika
26 April 2019, 17:08
Menko Darmin memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung-gedung perkantoran di Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2019 tak jauh berbeda dengan periode sama tahun lalu. Pada triwulan I 2018, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06%.

"Paling tidak, pertumbuhan ekonomi seperti tahun lalu. Di atasnya sedikit," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (26/4). Pertumbuhan ekonomi di antaranya disokong oleh terjaganya konsumsi masyarakat yang merupakan kontributor utama pertumbuhan ekonomi.

Advertisement

Sedangkan secara sektoral, pertumbuhan ekonomi disokong kinerja positif sektor pertanian seiring musim panen padi yang terjadi sejak Maret. Meskipun, panen diperkirakan baru mencapai puncaknya pada April dan Mei.

(Baca: Pemerintah Diminta Untuk Antisipasi Lonjakan Konsumsi di Bulan Ramadan)

Sektor pertanian memang merupakan salah satu kontributor utama terhadap produk domestik bruto (PDB). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, sektor industri memberikan kontribusi terbesar yaitu 19,28%, diikuti oleh sektor perdagangan sebesar 13%, konstruksi 11,11%, dan pertanian sebesar 10,88%.

Di sisi lain, Gubernur Bank Indonesia (BI) memberikan prediksi pertumbuhan ekonomi yang lebih optimistis. "Triwulan I itu bisa mendekati 5,2%," ujarnya. Ini seiring dengan terjaganya konsumsi masyarakat.

(Baca: INDEF: Apapun Hasil Pilpres 2019, Investor Asing Tetap Lirik Indonesia)

Tahun ini, pemerintah dan parlemen menargetkan pertumbuhan sebesar 5,3%. Namun, sejumlah pihak memprediksi target tersebut bakal meleset. Penyebabnya, kinerja investasi dan ekspor yang masih lemah. Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,2% pada tahun ini dan tahun depan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement