Jokowi Akan Konsultasikan Tiga Calon Ibu Kota Baru kepada DPR

Michael Reily
30 April 2019, 16:46
pindah ibu kota
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Kendaraan terjebak kemacetan di jalan Casablanca, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/11). Macet dan banjir menjadi alasan pemindahan ibu kota dari Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ada tiga kandidat wilayah untuk menjadi calon ibu kota negara Indonesia yang bakal menggantikan Jakarta. Tiga kandidat wilayah yang berada di luar Pulau Jawa yakni Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan akan dikonsultasikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jokowi menerangkan belum ada keputusan akhir untuk wilayah yang menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara. Namun, pengecekan secara detail diperkirakan bakal berlangsung selama tiga tahun ke depan.

"Mengenai lingkungan, daya dukung lingkungan, airnya, kebencanaan, banjir, gempa bumi," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet dari Banten, Selasa (30/4).

Pemindahan ibu kota Indonesia menyangkut visi pembangunan pusat pemerintah sebagai representasi pekerjaan sebuah negara. Sehingga, kajian hukum, sosial, dan politik harus matang sebelum ada keputusan final. "Nanti tetap harus konsultasi ke DPR," kata Jokowi.

Advertisement

(Baca: Rencana Pindah Ibu Kota, Jusuf Kalla Impikan Jakarta Seperti New York)

Jokowi akan merampungkan penghitungan anggaran untuk memungkinkan pemindahan ibu kota. Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan, butuh dana Rp 323 triliun hingga Rp 466 triliun untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta.

Anggaran itu mencakup pembangunan infrastruktur pemerintahan, kegiatan ekonomi, transportasi, permukiman, serta ruang terbuka hijau.

Opsi pemindahan ibu kota pemerintahan ke luar Pulau Jawa merupakan satu dari tiga pilihan yang ditawarkan Bappenas. Pertama, ibu kota tetap berada di sekitar Istana Kepresidenan dan Monumen Nasional Jakarta dengan kantor-kantor pemerintahan di kawasan tersebut.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement