Tahan Ekspansi Gerai, Matahari Anggarkan Belanja Modal Rp 150 M

Image title
Oleh Ekarina
30 April 2019, 05:00
matahari tambah gerai
Arief Kamaludin/ Katadata
Pusat Perbelanjaan Hypermart di Thamrin City, Jakarta.

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), perusahaan retail modern milik konglomerasi Lippo Grup menyatakan akan berhati-hati merealisasikan ekspansi bisnisnya tahun ini. Ketatnya persaingan bisnis menjadi pertimbangan perseroan dalam menambah gerai baru.

Sekertaris Perusahaan Matahari Putra Prima Danny Kojongian mengatakan, perusahaan menargetkan membuka 7 gerai baru hingga akhir tahun. Target tersebut relatif stagnan dengan jumlah pembukaan gerai tahun lalu.

Adapun untuk ekspansinya ini, perusahaan akan mengalokasikan investasi belanja modal sebesar Rp 150 miliar yang sepenuhnya akan didanai dari kas internal perusahaan.

(Baca: Matahari Tutup 2 Supermarket Grosir karena kurang Menguntungkan)

Danny mengatakan, secara umum, industri retail masih berpeluang tumbuh. Pertumbuhan sektor groseri di Indonesia ditopang oleh pertumbuhan kelas menengah dan pergeseran minat belanja masyarakat dari pasar tradisional ke retail moderen.

Meskipun demikian, perusahaan juga melihat industri ini masih memiliki tantangan terutama mengenai maraknya persaingan bisnis dalam meraih pelanggan. "Tahun ini kami akan membuka sekitar 7 unit gerai dan harus berhati-hati, jangan sampai membuka gerai tapi infrastrukturnya belum siap," kata dia di Tangerang, Banten, Senin (29/4).

Dari jumlah gerai tersebut, Matahari akan mengalokasikan penambahan satu unit hypermart dan empat hingga enam gerai hyfresh serta foodmart. Ekspansi gerai tersebut sejalan dengan fokus bisnis perusahaan pada pengembangan bisnis gerai atau supermarket berformat lebih kecil, moderen dan menjual produk segar berorientasi pelanggan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...