Pemerintah Pertimbangkan Tawaran Impor Sapi Argentina

Image title
Oleh Ekarina
8 Mei 2019, 17:08
Impor Daging Sapi, Impor Daging Argentina
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi impor daging sapi. Pemerintah sedang mempertimbangkan membuka impor daging sapi dari Argentina.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan sedang menimbang tawaran impor daging sapi Argentina. Pernyataan itu diungkapkan usai menerima kunjungan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti di Kantor Kementerian, Rabu (8/5).

Amran mengatakan mempertimbangkan penawaran itu karena harga daging sapinya yang kompetitif. "Daging (Argentina) harganya lebih murah menurut hitung-hitungan mereka. Kami tidak masalah, terbuka, karena kami ingin negara-negara yang mengekspor ke Indonesia, khususnya daging, bisa berkompetisi," katanya  di Jakarta, Rabu (8/5).

(Baca: Pemerintah Berencana Impor 256 Ribu Ton Daging Sapi Tahun Depan)

Menurut dia, untuk satu kilogram (kg) daging beku Argentina kualitas medium harganya sekitar US$ 3 per kg. Harga tersebut cukup bersaing dengan harga daging impor dari Australia.

Meski Argentina sudah mengajukan kelengkapan dokumen untuk mengakses pasar daging sapi ke Indonesia, namun saat ini masih terdapat perbedaan status jangkitan penyakit hewan. Berdasarkan publikasi Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), Indonesia sudah dinyatakan bebas penyakit kuku dan mulut (FMD), sementara Argentina masih berstatus bebas dengan vaksinasi berdasarkan zona.

(Baca: Kementan Perketat Pengawasan Impor Daging Kerbau India)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...