Rawan Kejahatan, Satu Ruas Tol Trans Sumatera Ditutup saat Malam Hari

Image title
8 Mei 2019, 05:00
tol trans sumatera, rawan kejahatan, bpjt, jalan tol, lebaran, ramadan 2019
KATADATA/HARI WIDOWATI
Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km ditargetkan tuntas pada 2024. PT Hutama Karya (Persero) menyebutkan, di sepanjang koridor Trans Sumatera ini juga akan dibangun kawasan industri dan kawasan wisata yang terintegrasi.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan membatasi pengoperasian jalan Tol Trans Sumatera rute Bakauheni-Palembang, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ruas jalan tol yang rawan kejahatan pada malam hari.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II BPJT Joko Santoso mengatakan ruas jalan tol Lampung ke arah Palembang, Sumatera Selatan akan dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2019. Namun, karena rawan kejahatan, pihaknya menetapkan operasinya hanya berlaku mulai dari pukul 06.00 pagi sampai 18.00 WIB.

"Ruas tol itu akan dipoerasikan secara fungsional, tapi setelah jam 6 malam pengendara harus keluar jalan tol," kata dia, di Jakarta, Selasa (7/5).

(Baca: BPJT Siapkan Strategi untuk Memecah Kemacetan di Jalan Tol Saat Mudik)

Jalan tol Trans Sumatera merupakan tol yang dibangun dari Bakaheuni yang berada di Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh. Nilai investasi dari proyek sepanjang 2.700 kilometer ini mencapai Rp 250 triliun.

Hingga akhir Januari lalu, Hutama Karya sebagai kontraktor sudah membangun jalan tol Trans-Sumatera sepanjang 529 km, dengan ruas yang telah beroperasi penuh sepanjang 47 km.

Beberapa yang tengah dibangun adalah ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km. Lalu, ruas Padang-Sicincin (bagian dari ruas Padang-Pekanbaru) sepanjang 31 km.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...