Tol Jombang-Mojokerto Ditaksir Dilalui 52 Ribu Kendaraan selama Mudik

Image title
Oleh Ekarina
9 Mei 2019, 17:32
mudik 2019
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) saat meninjau ruas jalan Trans Jawa di Interchange Bandar kilometer 671, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). Pengguna jalan tol Jombang-Mojokerto, saat mudik Lebaran 2019 diperkirakan mencapai 52 ribu kendaraan per hari.

Trafik pengguna jalan tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, pada mudik Lebaran 2019 diperkirakan mencapai 52 ribu kendaraan per hari.  Angka ini lebih tinggi dibanding data trafik pengguna pada libur Natal dan Tahun baru lalu yang mencapai 45 ribu kendaraan per hari.  

"Mudik Lebaran 2019 diproyeksikan ada sekitar 52 ribu kendaraan per hari yang lewat tol dari Bandar Kedungmulyo, Jombang sampai Mojokerto," kata Kepala Departemen Service Development Astra Tol Jombang-Mojokerto Deni Hardani  di Jawa Timur, Kamis (9/5).

(Baca: Jokowi Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto Sambil Jajal Mobil Listrik)

Untuk mengantisipasi kepadatan pada saat arus mudik maupun arus balik Lebaran, pengelola tol  sudah menyiapkan beberapa fasilitas bagi pengguna jalan. Di rest area misalnya, beberapa fasilitas akan dimaksimalkan seperti lahan parkir, bengkel gratis termasuk fasilitas kesehatan.

Ini dilakukan demi kenyamanan pengguna jalan dan mengacu pada evaluasi sebelumnya. Selain itu di titik gerbang juga akan ada penambahan kapasitas. Sehingga,  jika normal dibuka satu gardu, dalam Lebaran bisa hingga tiga gardu.

(Baca: BPJT Siapkan Strategi untuk Memecah Kemacetan di Jalan Tol Saat Mudik)

Adapun seluruh fasilitas itu siap mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran 2019. Keputusan tersebut juga mengikuti kebijakan kepolisian dalam pengamanan arus mudik dan balik.

Diharapkan dengan berbagai program layanan yang diberikan tersebut pengguna jalan merasa lebih nyaman saat berkendara. Jika lelah, pengguna diimbau untuk istirahat di rest area yang ada.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...