Ribuan Pengawal BPN Prabowo-Sandiaga 'Mengepung' Bawaslu

Dimas Jarot Bayu
10 Mei 2019, 14:39
massa Prabowo Sandi serbu Bawaslu
Katadata/Dimas Jarot
Suasana demo pendukung Prabowo-Sandiaga Uno di Gedung Bawaslu, Jumat (10/5/2019)

Sekitar ribuan orang yang menamakan diri Koalisi Umat 'mengepung' Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta, hari ini. Mereka ingin ikut serta mengawal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan sejumlah dugaan kecurangan terkait Pemilu 2019.

Massa yang memenuhi halaman di luar gedung Bawaslu sejak pukul 13.00 WIB, sempat hendak masuk ke dalam gedung. Meski demikian, aparat keamanan yang berjaga di sekitar Bawaslu berhasil menghalau mereka untuk masuk. Pagar kawat berduri yang dipasang di sekeliling Gedung Bawaslu juga menghalangi massa masuk ke gedung Bawaslu.

Advertisement

Hingga kini, massa masih berada di luar halaman gedung Bawaslu. Massa yang mayoritas berpakaian seba putih, berada di luar gedung sembari mengibarkan bendera-bendera merah putih, menyerukan takbir dan yel-yel sepanjang waktu.

(Baca: Tim Prabowo-Sandi Laporkan Dugaan Kecurangan Pilpres 2019 Siang Ini)

Ribuan polisi diterjunkan untuk mengamankan gedung Bawaslu. Sebagian di antara mereka mengenakan setelan bersorban. Selain berjaga, mereka melantunkan Asmaul Husna ketika massa mulai meneriaki aparat keamanan.

Untuk diketahui, BPN Prabowo-Sandiaga akan melaporkan beberapa hal ke Bawaslu pada Jumat siang ini. Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Ferry Juliantono mengatakan, salah satu yang akan dilaporkan terkait dugaan penggunaan institusi negara oleh salah satu pihak untuk kepentingan Pilpres 2019.

Kemudian, BPN menduga adanya penggunaan sumber daya dan keuangan negara untuk kepentingan Pilpres 2019. BPN pun menduga terjadi pelanggaran pemanfaatan aparatur sipil negara (ASN) oleh salah satu pihak untuk kepentingan Pilpres 2019.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement