Tim Prabowo-Sandi Laporkan Dugaan Kecurangan Pilpres 2019 Siang Ini

Dimas Jarot Bayu
10 Mei 2019, 10:16
Kecurangan Pilpres 2019
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Prabowo dan Sandiaga Uno deklarasi kemenangan versi perhitungan kelompoknya.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berencana menyampaikan laporan dugaan pelanggaran dan kecurangan Pilpres 2019 kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Rencananya, pelaporan tersebut bakal dilakukan pada Jumat (10/5) siang.

BPN akan didampingi oleh sejumlah ulama, tokoh masyarakat, dan para pendukung. "Direktorat Advokasi BPN akan menyampaikan laporan yang tekah disiapkan langsung ke Bawaslu sekitar pukul 14.00 WIB," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Ferry Juliantono di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Kamis (9/5).

(Baca: Situng KPU Capai 74,11%, Jokowi Unggul 14 Juta Suara atas Prabowo)

Ferry mengatakan, ada beberapa yang akan dilaporkan BPN ke Bawaslu. Pertama, dugaan penggunaan institusi negara oleh salah satu pihak untuk kepentingan Pilpres 2019. Kemudian, dugaan penggunaan sumber daya dan keuangan negara untuk kepentingan Pilpres 2019. Ini termasuk pemanfaatan aparatur sipil negara (ASN).

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Vasco Ruseimy menambahkan, pihaknya akan melaporkan penggiringan opini terkait pemanfaatan KPU untuk kepentingan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin. BPN juga akan melaporkan dugaan kecurangan yang berkaitan dengan formulir hasil penghitungan suara atau C-1.

(Baca: TKN Sebut Prabowo Gunakan Strategi Konflik Venezuela)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...