Muhaimin Sebut Puan Maharani Cocok Jadi Ketua DPR Periode Selanjutnya

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Agung Jatmiko

13/5/2019, 22.01 WIB

Puan Maharani disebut Muhaimin bakal membuka sejarah menjadi Ketua DPR perempuan pertama.

PDIP, Puan Maharani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja dalam acara Musrenbangnas 2019 di hotel Shangri - La, Jakarta Pusat (9/5).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menilai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani layak menjadi Ketua DPR periode 2019-2024.

Menurut Muhaimin, Puan memiliki pengalaman yang cukup untuk bisa duduk di kursi orang nomor satu di parlemen tersebut. Bahkan, Muhaimin menyebut Puan dapat menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR. Pasalnya, belum pernah ada perempuan yang menjadi Ketua DPR sejak dulu, seluruh Ketua DPR sejak Agustus 1945 merupakan laki-laki.

"Cocok, cocok sekali, mbak Puan sangat layak jadi Ketua DPR. Mbak Puan mungkin akan membuka sejarah perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI," kata Muhaimin di rumah dinas Ketua DPR, Jakarta, Senin (13/5).

(Baca: Hitung Cepat KedaiKOPI: PDIP Menang 15 Provinsi, Gerindra 5 Provinsi)

Peluang Puan untuk menjadi calon Ketua DPR RI pada periode 2019-2024 memang terbuka. Sebab, berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), kursi Ketua DPR di periode selanjutnya akan diduduki partai pemenang Pileg 2019.

Berdasarkan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei, PDIP menempati posisi teratas dalam Pileg 2019. Hal tersebut juga terlihat dari hasil perhitungan riil dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU).

Hingga Senin (13/5) pukul 20.45 WIB, PDIP berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 20,1%. Posisi kedua ditempati oleh Golkar dengan elektabilitas sebesar 13,11%, diikuti dengan Gerindra di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 11,64% dan Nasdem di posisi keempat dengan perolehan suara sebesar 9,38%.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan