Mirip InstaStory, Spotify Bakal Rilis Fitur Storyline

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

15/5/2019, 17.05 WIB

Musisi bisa mengunggah cerita berupa teks, lirik, dan gambar terkait lagu melalui fitur tersebut.

Streaming Musik Spotify, Musisi
Instagram/@spotify
Ilustrasi Spotify

Penyedia layanan streaming musik Spotify berencana merilis fitur mirip InstaStory di platformnya bernama Storyline. Fitur ini nantinya dapat digunakan oleh para musisi untuk membagikan cerita dibalik lirik lagu yang mereka buat.

Saat ini, Spotify melakukan uji coba fitur Storyline di Amerika Serikat (AS). "Kami selalu menguji coba cara baru untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi lebih banyak pengguna," ujar juru bicara Spotify dikutip dari TechCrunch, Selasa (14/5). Namun, ia tidak menyebutkan kapan fitur tersebut akan dirilis.

(Baca: Amazon Siapkan Layanan Musik Gratis, Saham Spotify Turun)

TechCrunch melaporkan, tampilan fitur Storyline seperti kartu yang muncul secara pop-up di bawah layar Now Playing ketika lagu diputar. Musisi bisa mengunggah cerita berupa teks, lirik, dan gambar terkait lagu melalui fitur tersebut. Cerita itu bisa dilihat oleh seluruh pengguna Spotify.

Seperti Instagram Story, pengguna bisa menekan dan menahan cerita jika ingin melihat lebih lama. Pengguna juga hanya perlu mengetuk sisi kanan kartu untuk melihat cerita selanjutnya. Begitu pun ketika mengetuk sisi kiri kartu, pengguna akan kembali ke cerita sebelumnya.

(Baca: Saingi Spotify, YouTube Rilis Fitur Streaming Musik)

Storyline disebut mirip dengan fitur sebelumnya di Spotify, Behind The Lyrics karena menampilkan cerita di balik pembuatan lagu. Spotify bekerja sama dengan situs database lirik lagu bernama Genius, untuk menampilkan fakta menarik seputar musisi yang tengah diputar.

Namun, fakta yang ditampilkan di Behind The Lyrics terkadang dianggap tidak benar. Vokalis band Paramore Hayley Williams pernah mengeluhkan fakta terkait lagunya yang keliru di Spotify, melalui Twitter. Cuitan Williams itu kemudian menjadi viral.

Meski begitu, Genius kembali mengunggah fakta yang tidak akurat di Spotify. Kali ini, kesalahan terjadi terkait lagu 21 Pilots, Jumpsuit dan Travis Scott, Yosemite. Kini, Spotify merilis fitur Storyline, yang mirip dengan Behind The Lyrics.

Saat ini, Storyline versi uji coba baru tersedia di perangkat iOS dan Android, belum termasuk desktop. Fitur ini juga baru tersedia di Amerika Serikat (AS). Kabarnya, Storyline akan hadir dalam pembaruan Spotify terbaru yakni versi 8.5.5.853.

(Baca: Portamento Siap Luncur di 2020, Big Data Raksasa untuk Royalti Musik)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha