Amazon Siapkan Layanan Musik Gratis, Saham Spotify Turun

Cindy Mutia Annur
17 April 2019, 01:00
Amazon, Spotify, Streaming Musik, Jeff Bezos
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).

E-commerce asal Amerika Serikat (AS) Amazon mengumumkan akan meluncurkan layanan musik gratis. Pengumuman ini lantas membuat harga saham Spotify turun empat persen pada Senin (15/4) kemarin.

Spotify merupakan penyedia layanan streaming musik. Kehadiran Amazon di industri ini akan memperketat persaingan. “Saham perusahaan radio satelit, Sirius XM Holdings juga turun dua persen menjadi US$ 5,97,” demikian dikutip dari Reuters, kemarin (15/4).

(Baca: Saingi Spotify, YouTube Rilis Fitur Streaming Musik)

Berdasarkan laporan Billboard, layanan tersebut kabarnya bakal dirilis pekan ini. Layanan itu juga akan memberikan akses ‘katalog terbatas’ dan bisa memutar musik lewat pengeras suara (speaker) bermerk Echo.

Speaker Echo merupakan salah satu produk Amazon. Speaker ini dilengkapi dengan asisten pintar, Alexa. Akan tetapi, Amazon belum berkomentar perihal isu layanan streaming musik ini.

(Baca: Jeff Bezos Cerai, Amazon Jadi Bagian dari Harta Gono Gini)

Saat ini, perusahaan milik Jeff Bezos tersebut memiliki layanan streaming musik berbayar yakni Amazon Prime Music, dengan puluhan juta pelanggan pada 2018. Layanan ini merupakan bagian dari Amazon Prime, dengan biaya berlangganan US$ 119 atau sekitar Rp 1,6 juta per tahun.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...