Enam Bulan Berturut-Turut, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 6%

Rizky Alika
16 Mei 2019, 14:41
BI tahan suku bunga, BI rate, suku bunga acuan mei 2019
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral tetap menahan suku bunga acuan atau BI 7-Day Repo Rate di level 6%.

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 6%. Artinya, sudah enam bulan berturut-turut bank sentral tidak mengubah suku bunga acuan tersebut.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan ini sejalan dengan upaya menjaga perekonomian domestik dan mempertahankan daya tarik aset keuangan. "Sejalan juga dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal ekonomi Indonesia," katanya dalam Konferensi Pers Rapat Dewan Gubenur di kantornya, Jakarta, Kamis (16/5).

Panel Ahli Katadata Insight Center Damhuri Nasution mengatakan bank sentral saat ini belum memiliki cukup ruang untuk menurunkan suku bunga. "Perubahannya jangan ada dulu ya, karena rupiah sedang tertekan," katanya ketika dihubungi kemarin. 

Menurut dia, suku bunga tidak akan turun hingga keadaan pasar tenang. “Kecuali sudah ada perbaikan terhadap neraca dagang kita. Sekarang defisitnya sangat besar,” ujar Damhuri.

(Baca: Ekonom Bank Mandiri Proyeksi BI Turunkan Bunga Acuan di Akhir 2019)

Pernyataan senada juga dikatakan ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah. Ia menilai pelemahan rupiah dan defisit neraca dagang yang besar tentu menjadi pertimbangan BI untuk menahan suku bunga.

“Pilihan BI sekarang menahan atau justru menaikkan suku bunga,” katanya. Piter melihat ada kemungkinan BI menaikkan suku bunga acua sebesar 25 basis poin menjadi 6,25%. “Jadi, kalau turun saya rasa tidak mungkin,” ujar Piter.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...