Istiqlal, Masjid Besar Penuh Makna yang Siap Bersolek

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2019, 13:06
masjid istiqlal, istiqlal, renovasi masjid istiqlal, masjid terbesar asia tenggara, masjid terbesar dunia
istiqlal.id

Pemerintah memutuskan untuk merenovasi Masjid Istiqlal, Jakarta. Renovasi ini untuk pertama kalinya dilakukan dalam 41 tahun masjid tersebut berdiri. Dana yang disiapkan untuk memperbaiki masjid yang kerap disebut terbesar seantero Asia Tenggara ini mencapai Rp 465 miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan masjid ini dilakukan atas perintah langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengerjaannya dilakukan kontraktor pelat merah, Waskita Karya, dengan jangka waktu 10 bulan. Masyakat dapat melihat wajah baru Masjid Istiqlal pada Maret 2020. 

"Presiden ingin Masjid Istiqlal jadi kebanggan negara," kata Basuki seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/5). (Baca: Masjid Istiqlal Pertama Kali Direnovasi, Sedot Dana Rp 465 miliar)

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid (BPPMI) Asep Saepudin mengatakan ciri khas Istiqlal yang didesain Silaban bertahun-tahun lalu tak akan diubah. Renovasi dilakukan dengan tiga semangat yakni di gedung utama untuk beribadah, plasa untuk rekreasi jamaah, dan menjaga cagar budaya.

"Khas dari F. Silaban tidak akan berubah," kata Asep merujuk pada nama sang arsitek, Frederich Silaban.

Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 1961. Saat itu, Presiden Soekarno membuat sayembara bagi calon arsitek yang akan mendesain masjid ini. Hasilnya, seorang arsitek non-muslim bernama Frederich Silaban yang memenangkan sayembara dengan karya berjudul 'Ketuhanan' sebagai acuan pembangunan masjid itu. 

Masjid Istiqlal dibangun di atas lahan 9,5 hektare dengan 5.138 tiang pancang, 12 pilar raksasa, kubah dengan diameter 45 meter hingga menara setingga 6.666 sentimeter atau sesuai dengan jumlah ayat Al-Qur'an. 

Pengerjaan masjid ini dimulai pada 24 Agustus 1961, bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada waktu itu. Namun, pembangunannya baru selesai pada 1977. Berbagai kondisi seperti politik pada masa itu membuat pembangunan Masjid Istiqlal memakan waktu 17 tahun.

(Baca: Renovasi Masjid Istiqlal Dipastikan Tak Ganggu Ibadah Saat Lebaran)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...