Angkasa Pura II Beri Insentif Penerbangan Tambahan Selama Lebaran 2019

Image title
Oleh Antara
18 Mei 2019, 12:53
AP II beri insentif, tarif batas atas tiket pesawat, Lebaran 2019, mudik lebaran 2019,
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi bandara. PT Angkasa Pura II menggratiskan biaya mendarat (landing fee) dan biaya parkir (parking fee) untuk penerbangan tambahan selama Lebaran 2019.

PT Angkasa Pura II menggratiskan biaya mendarat (landing fee) dan biaya parkir (parking fee) untuk penerbangan tambahan selama Lebaran 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, insentif ini juga sebagai kompensasi turunnya tarif batas atas tiket penerbangan sebesar 12-16 persen yang akan berpotensi mengurangi pendapatan maskapai. “Kami akan berikan insentif untuk semua ekstra flight,” katanya di Jakarta kemarin, Jumat (17/5).

Ia menghitung, biaya mendarat, parkir, dan pajak bandara (passenger service charge) hanya berkontribusi 4-5% terhadap komponen biaya operasional maskai. “Paling banyak itu bahan bakar, perawatan, dan sewa pesawat,” ujar Awaluddin.

Insentif dari perusahaan berplat merah ini memang tidak signifikan. Tapi harapannya, dapat membantu meringankan beban maskapai selama Lebaran nanti yang bertepatan dengan pelaksanaan penurunan tariff batas atas tiket pesawat.

Angkasa Pura II telah menetapkan pada 28 Mei-13 Juni 2019 sebagai periode masa angkutan Lebaran. Puncak arus mudik yaitu pada 31 Mei-1 Juni, dengan asumsi Lebaran pada 5-6 Juni 2019. Periode arus balik diperkirakan pada 8-9 Juni. 

(Baca: Angkasa Pura II Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang saat Mudik Lebaran)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...