Investor Khawatir Kondisi Keamanan, Kenaikan IHSG Diprediksi Tertahan

Happy Fajrian
22 Mei 2019, 11:32
IHSG terkait kerusuhan 22 Mei Jakarta
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pagi ini, Rabu (22/5), dibuka melemah 2,99 poin atau 0,05% ke posisi 5.948,38 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tak lama setelah perdagangan dimulai IHSG merosot turun lebih jauh hingga ke posisi 5.918,90.

Analis memprediksi IHSG akan melanjutkan tren penguatannya seiring pengumuman rekapitulasi suara pemilu dan pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kendati demikian, gelombang aksi massa yang tidak puas dengan hasil final perolehan suara pemilu tersebut diperkirakan akan memperlambat tren kenaikan IHSG.

"Kami perkirakan IHSG untuk terus trade higher hari ini pada euforia pemilihan presiden yang masih berlanjut," ujar Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Hariyanto Wijaya, dalam risetnya hari ini.

Sementara itu Kepala Analis Valbury Sekuritas Indonesia Alfiansyah mengatakan bahwa investor akan fokus pada perkembangan kondisi keamanan di Jakarta berkenaan dengan aksi demo besar-besaran massa yang menggugat hasil rekapitulasi suara KPU.

(Baca: KPU Umumkan Kemenangan Jokowi, IHSG Menguat 0,75%)

Bahkan aksi yang semula berlangsung damai di di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berakhir ricuh setelah sebagian massa membuat kerusuhan di beberapa titik di Jakarta di antaranya di kawasan Tanah Abang dan Jalan Sabang hingga Rabu (22/5) dini hari. Kerusuhan bermula ketika massa menolak meninggalkan Bawaslu dan berpencar ke beberapa titik.

Massa tak dikenal itu membakar Asrama Brimob di Petamburan yang menyebabkan belasan mobil terbakar. Massa juga hendak menyerang Markas Polsek Gambir. TNI berhasil menghalau massa menyerang Mapolsek Gambir.

Selain itu, Alfiansyah menilai sentimen eksternal juga akan mempengaruhi laju pergerakan IHSG hari ini. Salah satunya yaitu bursa saham Amerika Serikat (AS) yang pada Selasa (21/5) berakhir pada level yang lebih tinggi. Indeks Dow Jones naik 0,77%, S&P 500 naik 0,85%, dan Nasdaq naik 1,08%.

Halaman:
Reporter: Happy Fajrian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...