Kerusuhan 22 Mei, Prabowo Imbau Semua Pihak Hindari Kekerasan

Image title
22 Mei 2019, 19:46
Kerusuhan 22 Mei Jakarta, Prabowo Imbau Semua Pihak Hindari Kekerasan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Prabowo dan Sandiaga Uno saat deklarasi kemenangan Pilpres 2019.

Calon presiden Prabowo Subianto mengimbau masyarakat pendukungnya serta aparat TNI dan Polri untuk menghindari kekerasan. Pernyataan ini menanggapi kerusuhan yang terjadi di Jakarta setelah pengumuman hasil Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Prabowo menyampaikan imbauan tersebut dalam Konferensi Pers di kediamannya, Jl. Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (22/5) sore. Didampingi calon wakil presiden Sandiaga Uno, Prabowo membuka pernyataannya dengan mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa maupun luka-luka pada kerusuhan di Jakarta.

"Saya mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya enam orang serta ratusan korban terluka pada masyarakat yang menjadi korban kekerasan pada malam hari dan dini hari yang lalu," ujarnya.

(Baca: Jokowi Perintahkan Tindak Tegas Para Pelaku Kerusuhan 22 Mei)

Prabowo menyatakan mendukung segala tindakan masyarakat yang sesuai jalur konstitusional. Dirinya menekankan, jalur yang sah sesuai hukum adalah tindakan yang berakhlak dan tanpa kekerasan. Ia pun mengatakan imbauan ini penting disampaikan bagi masyarakat yang sedang menyuarakan aspirasinya.

Di sisi lain, ia meminta aparat Polri dan TNI untuk tetap menahan diri agar tidak melakukan kekerasan fisik. Ia juga mengimbau tokoh masyarakat, netizen, serta politisi untuk menghindari kekerasan verbal yang memprovokasi. “Apalagi dibilang di Ramadan yang suci ini," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...