Sistem Ganjil Genap di Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni Dibatalkan

Martha Ruth Thertina
29 Mei 2019, 21:21
Pemudik dengan mobil pribadi antre menuju kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pemudik dengan mobil pribadi antre menuju kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6/2018).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat membatalkan sistem ganjil genap kendaraan saat mudik 2019 di lintas penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni. Sebelumnya, imbauan pemberlakuan sistem tersebut tertulis dalam surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

“Imbauan pemberlakukan tanda nomor kendaraan ganjil/genap selama masa angkutan Lebaran tahun 2019 di lintas penyeberangan Merak-Bakauhuni dinyatakan dicabut dan tidak berlaku,” demikian tertulis dalam surat Ditjen Perhubungan Darat yang ditanda tangani Budi, Rabu (29/5).

Sistem ganjil genap sempat direncanakan berlaku pada 30 Mei-1- Juni 2019, khusus untuk kendaraan roda empat yang ingin menyeberang pada pukul 20.00-08.00 WIB. Sistem ini bertujuan untuk mencegah antrean panjang di malam hari yang biasa terjadi saat mudik tahun-tahun sebelumnya.

(Baca: Pemerintah Ubah TItik One Way Mudik di Tol Trans Jawa)

Adapun PT Astra Tol Nusantara -- operator Jalan Tol Tangerang-Merak – memprediksi volume kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut pada periode mudik yaitu H-7 hingga H+7 Lebaran bakal melonjak 15,69% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-5 Lebaran dengan volume sebanyak 173.900 kendaraan menuju pelabuhan Merak. CEO PT Astra Tol Nusantara Krist Ade Sudiyono menyampaikan, kenaikan harga tiket pesawat menjadi pemicu lonjakan pemudik yang menggunakan jalur darat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...