6 Aplikasi untuk Pesan Jasa Pembantu Infal Selama Mudik Lebaran

Cindy Mutia Annur
3 Juni 2019, 17:24
Pemudik menyantap makanan untuk berbuka puasa di pinggir ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Pemudik menyantap makanan untuk berbuka puasa di pinggir ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019).

Menjelang Lebaran, mayoritas pembantu rumah tangga (PRT) mudik ke kampungnya masing-masing. Kebiasaan ini kemudian memunculkan permintaan jasa PRT pengganti (infal). Di era digital, jasa pembantu infal pun bisa dengan mudah dipesan lewat aplikasi online.

Public Relations Lead GoLife Althea Sutarna menyatakan, permintaan layanan GoLife meningkat sekitar 150-200 % selama masa mudik lebaran dibanding hari biasa. Menurutnya, peningkatan terjadi pada dua pekan sebelum lebaran hingga 3 pekan setelah Lebaran.

“Sudah pasti naik, karena setiap momen Ramadan maupun Lebaran tahun sebelumnya pun demikian," ujar Althea saat dihubungi Katadata, Senin (3/6).

GoLife merupakan salah satu anak usaha Gojek. Aplikasi ini menyediakan layanan kebersihan bernama GoClean untuk membantu pengguna membersihkan rumah dengan berbagai penawaran paket. 

Tarif yang dikenakan dalam layanan reguler mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 275 ribu, tergantung durasi yang dikehendaki pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan preferensi gender mitra GoClean yang akan datang ke rumahnya.

(Baca: H-2 Lebaran, 24.400 Pemudik Dijadwalkan Berangkat dari Stasiun Gambir)

GoLife secara khusus juga menawarkan paket Infal dengan harga Rp 190 ribu. Pada paket ini, pengguna dapat menggunakan jasa mitra GoClean dengan durasi 4 – 6 jam untuk membersihkan rumah hingga menyetrika pakaian.

Selain GoLife, ada pula Seekmi. Aplikasi ini menyediakan layanan jasa membersihkan rumah dengan beberapa penawaran paket.

Pada paket premium misalnya, pembersihan dilakukan di rumah sehari-hari, benda yang dibersihkan mudah dijangkau, dan tidak memerlukan perlakuan khusus. Durasi minimum layanan adalah 2 jam dan maksimal 5 jam dengan tarif mulai dari Rp 66 ribu (tanpa alat mitra) dan Rp 110 ribu (dengan alat mitra) per 2 jam.

Selain jasa membersihkan rumah, Seekmi juga menyediakan jasa mencuci pakaian (laundry), membersihkan hingga reparasi Air Conditioner (AC), tukang harian, tukang pipa air, hingga servis elektronik.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...