Musim Mudik, Jumlah Penumpang Pesawat Turun karena Dua Hal

Image title
3 Juni 2019, 21:15
Teknisi pesawat dari Garuda Maintenance Facility (GMF) melakukan perawatan dan perbaikan mesin pesawat City link di Hanggar GMF Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). Dengan dilakukannya perawatan rutin seluruh pesawat dan laik ter
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Teknisi pesawat dari Garuda Maintenance Facility (GMF) melakukan perawatan dan perbaikan mesin pesawat City link di Hanggar GMF Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). Dengan dilakukannya perawatan rutin seluruh pesawat dan laik terbang, maskapai Garuda Group siap untuk mengantarkan para pemudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, turunnya jumlah penumpang pesawat pada mudik 2019 disebabkan oleh mahalnya harga tiket. Selain itu, beroperasinya Jalan Tol Trans Jawa mebuat pemudik memiliki opsi transportasi darat. 

Menurut Budi Karya, penumpang penerbangan antarpulau memang paling terpukul akibat tingginya harga tiket pesawat. "Khusus untuk bandara-bandara yang ada di Pulau Jawa, itu menurun lebih banyak karena pindah menggunakan tol," kata Budi Karya ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (3/6).

Kementerian Perhubungan mencatat, jumlah keberangkatan penumpang sejak H-7 hingga H-2 lebaran tahun ini, secara kumulatif tercatat sebanyak 1,30 juta penumpang. Angka itu turun 27,24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan 1,79 juta penumpang.

(Baca: 6 Aplikasi untuk Pesan Jasa Pembantu Infal Selama Mudik Lebaran)

Namun, perlu dicatat, data Kementerian Perhubungan membandingkan jumlah penumpang pada periode lebaran 2018, sejak H-7 hingga H-2 pukul 00.00 WIB. Sedangkan jumlah penumpang pesawat yang berangkat hari ini masih bertambah.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...