Dugaan Monopoli Hantam Saham Tiga Raksasa Perusahaan Teknologi AS

Happy Fajrian
4 Juni 2019, 12:29
saham perusahaan teknologi, saham google, saham facebook, saham apple
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Google, bersama dengan Facebook, Apple, dan Amazon, menjadi subjek dari penyelidikan antimonopoli oleh pemerintah AS. Saham perusahaan-perusahaan tersebut pun turun signifikan.

Harga saham perusahaan-perusahaan teknologi besar asal Amerika Serikat (AS) yakni Aplhabet Inc., Facebook Inc., dan Apple Inc., anjlok setelah tersiar kabar bahwa Pemerintah AS berencana melakukan penyelidikan antimonopoli terhadap ketiga perusahaan tersebut.

Pada penutupan perdagangan Senin (4/6) saham Alphabet, yang merupakan perusahaan induk dari Google, turun 7,2% menjadi US$ 1.027,03 dan nilai kapitalisasi pasarnya anjlok hingga US$ 54 miliar. Sementara itu saham Facebook turun 9,3%, Amazon.com turun 5,4%, sedangkan Apple turun 2,7%.

Persiapan Departemen Kehakiman AS (Department of Justice/DOJ) dan Komisi Federal Perdagangan AS (Federal Trade Commission/FTC) untuk menyelidiki Google, pertama kali dilaporkan Jumat (31/5) malam yang menandai langkah pertama pemerintahan Trump secara nyata untuk mengawasi potensi perilaku anti-persaingan dari perusahaan teknologi besar.

(Baca: Apple Tutup iTunes, Siapkan 3 Aplikasi Pengganti)

Langkah tersebut juga didasari oleh Pemerintahan Donald Trump yang menuduh perusahaan media sosial dan Google telah meredam suara konservatif di platform mereka secara online. Sementara itu Amazon.com Inc. juga masuk ke dalam pengawasan FTC berdasarkan kesepakatan terbarunya dengan Pemerintah AS.

Anjloknya saham perusahaan-perusahaan tersebut membuat indeks Nasdaq, yang berisi saham perusahaan teknologi, anjlok 1,61% pada penutupan perdagangan Senin. Sementara itu indeks S&P 500 melengkapi kejatuhan Wall Street dengan penurunan sebesar 0,28%, sedangkan Dow Jones hanya naik tipis 0,02%.

Halaman:
Reporter: Happy Fajrian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...