Gim VR hingga Wisata Alam Jadi Pengisi Libur Lebaran di Jakarta

Penulis: Michael Reily

Editor: Desy Setyowati

7/6/2019, 17.00 WIB

Wisatawan bisa bermain gim menggunakan teknologi VR hingga menikmati keindahan alam di Jakarta selama libur lebaran.

Libur lebaran di jakarta
Digital Happiness
Wisatawan bisa bermain gim petualangan dengan teknologi VR hingga wisata alam di jakarta.

Libur lebaran di Jakarta bukan berarti membosankan. Jakarta menawarkan tempat wisata dengan keindahan alam seperti Kepulauan Seribu. Selain itu, terdapat beberapa arena gim petualangan yang menawarkan teknologi canggih seperti Virtual Reality (VR).

Salah satunya Kovee VR Theme Park di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Arena bermain dengan teknologi VR ini buka setiap hari, dengan harga tiket masuk Rp 100 ribu per orang. Kovee VR Theme Park menyediakan tujuh konten hiburan, edukasi dan teknologi dari Korea Selatan.

Salah satu konten gim yang tersedia di Kovee VR Theme adalah Mortal Blitz. Pemain akan dibekali dengan peralatan sarung tangan sensor, tas backpack PC dan senjata otomatis yang terhubung dengan teknologi VR. Para pemain harus membunuh para alien untuk bisa sampai ke tempat aman.

(Baca: Lima Destinasi Wisata Halal versi Traveloka untuk Libur Lebaran)

Arena bermain lainnya yang mengadopsi teknologi VR adalah Sandbox VR, yang berada di Lotte Shopping Avenue dan Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Pusat hiburan ini menyediakan gim seperti Amber Sky 2088, Curse of Davy Jones, dan Deadwood Mansion. Para pemain dikenakan Rp 180 ribu untuk setiap permainan.

Selain gim VR, wisatawan bisa bermain petualangan yang disediakan oleh Pandora. Penyedia layanan permainan ini mengadopsi mitos dan legenda seperti Jack The Ripper, Bermuda Triangle, dan The Flying Dutchman di setiap permainan. Selama 120 menit, para pemain harus bekerja sama untuk mencari jalan keluar.

Arena permainan Pandora ini terdapat di Puri Indah, Kelapa Gading, Mall Ciputra, dan Baywalk Mall. Pandora menawarkan harga yang berbeda tergantung jumlah pemainnya. Kelompok yang terdiri dari dua hingga tiga orang dikenakan Rp 235 ribu per orang. Sedangkan kelompok yang berisi 10 orang hanya perlu membayar Rp 185 ribu per orang.

(Baca: Pilihan Objek Wisata dan Kuliner di Sepanjang Jalur Tol Trans Jawa)

Bagi wisatawan yang ingin meluapkan emosi, bisa berkunjung ke Temper Clinic Jakarta. Peserta boleh memukul, menghancurkan, dan merusak semua benda yang ada dalam ruangan sesuai irama musik. Meski begitu, peserta akan mendapat peralatan keamanan.

Temper Clinic menawarkan dua paket permainan, Pertama, paket 15 menit untuk satu orang seharga Rp 125 ribu. Kedua, paket untuk dua orang selama 25 menit dengan harga tiket Rp 200 ribu. Temper Clinic ini berlokasi di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang ingin memberikan edukasi kepada anak-anak juga bisa berkunjung ke museum selama libur lebaran. Museum yang buka saat libur lebaran adalah sejarah jakarta, prasasti, joang 45, bahari, wayang, tekstil, seni rupa dan keramik, MH. Thamrin, taman arkeolog onrust, dan rumah si pitung.

(Baca: Tradisi Mudik Berpotensi Hasilkan Rp 200 Triliun untuk Pariwisata)

Ada juga wisata budaya di Jakarta yakni perkampungan budaya betawi setu babakan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat-tempat wisata ini buka sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Selain itu, Taman Margasatwa Ragunan, Ancol, dan Dufan rutin dikunjungi wisatawan saat libur lebaran.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam juga bisa berkunjung ke Kepulauan Seribu. Ada 22 pulau yang bisa dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu, yakni tidung, bira, pramuka, semak daun, macan, pari, genteng kecil, pantara, pelangi, sepa, putri, dan harapan. Selain itu, terdapat pulau ayer, bidadari, onrust, kelor, sabira, kelapa, lancang, kotok, untung jawa, dan panggang.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam di Jakarta tanpa harus menyeberang ke Kepulauan Seribu. Wisatawan bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK). Wisatawan bisa menyusuri hutan bakau menggunakan perahu. Di sana juga tersedia vila untuk menginap.

(Baca: Tingkatkan Wisata dan Destinasi Digital, Menpar Usulkan Bentuk KEK)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN