Tingkatkan Wisata dan Destinasi Digital, Menpar Usulkan Bentuk KEK

Michael Reily
20 Mei 2019, 09:53
pariwisata, Kabupaten Bandung
Donang Wahyu (Katadata)
Ilustrasi, wisata alam

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengusulkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata dan destinasi digital di Jawa Barat. Pengembangan KEK ini ia maksudkan sebagai program promosi Kabupaten Bandung sehingga bisa jadi salah satu kunci peningkatan kedatangan wisatawan.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pariwisata, dua destinasi pariwisata Jawa Barat sudah masuk jadi usulan untuk KEK, yaitu daerah Sukabumi dan Pangandaran. Sukabumi akan mengedepankan Cikidang yang punya tempat berburu dan Pangandaran yang merupakan atraksi kemaritiman.

Dari sisi infrastruktur, untuk meningkatkan potensi wisata, penghidupan kembali rute kereta api untuk beberapa ruas Kabupaten Bandung dikatakan Arief merupakan langkah vital untuk peningkatan wisata. Selain itu, Bandara Kertajati serta Tol Soroja juga bisa jadi penarik kunjungan masyarakat.

Selain bicara soal KEK dan infrastruktur, Arief juga menyorot soal pendidikan program studi pariwisata di Kabupaten Bandung. Menurutnya, lulusan program studi pariwisata harus memiliki sertifikasi serta harus mampu membuat program destinasi digital secara kreatif serta menarik generasi milenial.

(Baca: Genjot Sektor Pariwisata, Ini Usulan Kebijakan dari Ekonom & Pengusaha)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...