Puncak Arus Balik Kemarin, 166 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

Penulis: Michael Reily

Editor: Sorta Tobing

10/6/2019, 12.44 WIB

Jasa Marga menyebut angka itu merupakan rekor tertinggi volume lalu lintas saat arus balik Lebaran melalui tol Jakarta-Cikampek.

jasa marga, arus mudik lebaran 2019, jumlah pemudik 2019, ramadan 2019, jalan tol Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO/AGUS
endaraan pemudik terjebak macet di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak arus balik lebaran 2019, sejumlah titik di Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan pemudik yang ingin kembali ke Jakarta.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor volume kendaraan sebesar 166.674 melintas melalui jalan tol Jakarta-Cikampek dalam puncak arus balik Lebaran 2019, Minggu (9/6). Penghitungan kendaraannya berasal dari Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon, dan Bandung menuju Jakarta. 

Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan menyatakan penghitungan berdasarkan kendaraan yang melintas Gerbang Tol Cikampek Utama untuk pemudik dari arah tol Cikopo-Palimanan dan Gerbang Tol Kalihurip Utama dari arah tol Cipularang-Padaleunyi.

Agus menyebut angka itu merupakan rekor tertinggi volume lalu lintas saat arus balik mudik Lebaran di jalan tol tersebut. "“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas," katanya dalam keterangan resmi, Senin (10/6).

Rinciannya, sebanyak 109.206 kendaraan lewat Gerbang Tol Cikampek Utama selama hari Minggu, naik 309% dari lalu lintas harian normal 26.705 kendaraan. Sementara itu, perhitungan kendaraan yang melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama mencapai 57.278, meningkat 41% dari lalu lintas harian normal 40.640 kendaraan.

(Baca: Arus Balik, Kemenhub Usul Gerbang Tol Palimanan Ditutup Sementara)

Dia mengungkapkan capaian itu telah menggeser hitungan tertinggi volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2018. Tahun lalu, sebanyak 130.125 unit kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui Gerbang Tol Cikarang Utama.

Agus menjelaskan Jasa Marga mengoperasikan total gardu operasi hingga empat kali lipat dari kondisi lalu lintas normal untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal. "Sebagai contoh, 33 lajur transaksi serta 29 mobile reader dioperasikan secara tandem di Gerbang Tol Cikampek Utama dan 25 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di Gerbang Tol Kalihurip Utama,” ujarnya.

Jasa dalam melayani arus balik lalu lintas yang tinggi pada H+3 Lebaran tidak lepas dari sinergi bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya.

(Baca: Sejumlah Rest Area Ditutup, Pemudik Diminta Isi Penuh BBM Kendaraan)

Jasa Marga sebelumnya memperkirakan, ada 82.810 kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama pada H+3 Lebaran 2019. Angka tersebut naik 210% dibanding hari biasa yang hanya 26.705 kendaraan.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mencatat, kenaikan jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama sudah terjadi sejak lalu. Saat itu, Jasa Marga mencatat ada 73.848 kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama.

(Baca: Arus Balik, 62,4 Ribu Kendaraan Diprediksi ke Jakarta Lewat Cikampek)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan