Arus Balik, 62,4 Ribu Kendaraan Diprediksi ke Jakarta Lewat Cikampek

Michael Reily
7 Juni 2019, 14:43
arus balik lebaran 2019
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jasa Marga proyeksi arus balik lebaran terjadi pada Jumat (7/6).

PT Jasa Marga memperkirakan arus balik lebaran 2019 terjadi mulai hari ini (7/6). Jasa Marga memproyeksi, ada sekitar 62,4 ribu kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama.

Jumlah kendaraan tersebut naik 278,1% dibanding hari biasa yang hanya 22,4 ribu kendaraan. Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti menyampaikan, volume lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama terpantau ramai lancar sejak pagi.

"Rekayasa lalu lintas satu arah sesuai diskresi kepolisian hari pertama arus balik Lebaran 2019 akan diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama dengan memperhatikan kondisi terkini di lapangan," kata Irra dalam keterangan resmi, Jumat (7/6).

(Baca: Cegah Kemacetan Arus Balik, Sistem Satu Arah di Tol Berlaku 7-10 Juni)

Ia mencatat, ada antrean normal sepanjang empat hingga lima kendaraan baik arah Cikampek maupun Jakarta. Ada beberapa titik kepadatan di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek, utamanya di dekat rest area seperti Rest Area kilometer 33A, kilometer 39A, serta kilometer 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Meski begitu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta dan sekitarnya, untuk memperhatikan waktu keberangkatan. Hal ini bertujuan agar tidak kemacetan yang panjang selama arus balik lebaran 2019. Irra menyampaikan, penetapan waktu keberankatan bakal mempengaruhi kondisi perjalanan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...