Pengakuan Eksekutor Pembunuh 5 Tokoh, Dapat Ratusan Juta dari Kivlan

Dimas Jarot Bayu
11 Juni 2019, 19:51
kivlan perintahkan eksekutor pembunuh
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana pasca kerusuhan di depan Asrama Brimob Slipi, Petamburan , Jakarta Barat (22/5).

Tiga tersangka yang diduga menjadi eksekutor rencana pembunuhan empat tokoh nasional dan pimpinan lembaga survei buka suara atas peran Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen. Rekaman pengakuan mereka tersebut diputar dalam konferensi pers yang digelar di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/6).

Salah satu tersangka yang buka suara tersebut, yakni H Kurniawan alias Iwan. Iwan bercerita, dirinya bersama Tajudin sempat dipanggil Kivlan untuk bertemu di Kelapa Gading, Jakarta pada Maret 2019.

Ketika itu, dirinya diberikan uang sebesar Rp 150 juta. Menurut Iwan, Kivlan memberikan uang tersebut untuk membeli dua pucuk senjata api laras pendek dan dua pucuk senjata api laras panjang.  "Uang Rp 150 juta dalam bentuk dollar Singapura," kata Iwan.

(Baca: Polisi Bakal Panggil Mantan Anggota Tim Mawar Terkait Kerusuhan 22 Mei)

Iwan mengatakan, dirinya sempat dikejar-kejar oleh Kivlan karena belum bisa membeli senjata yang diinginkannya. Setelah berhasil membeli senjata, barang tersebut lalu dibagikan kepada Iwan kepada Armi dan Tajudin yang juga menjadi eksekutor.

Iwan pun diberi tugas oleh Kivlan sebagai pemimpin rencana pembunuhan. Dia lantas mendapatkan daftar nama orang-orang yang harus dibunuhnya dari Kivlan, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Sementara, Irfansyah yang juga menjadi eksekutor menjelaskan dirinya sempat ditelepon oleh Armi yang merupakan ajudan Kivlan. Armi meminta Irfansyah bertemu Kivlan di Masjid Pondok Indah, Jakarta apda 19 April 2019.

(Baca: Polisi Sebut Kivlan Zen Berperan Tentukan Target & Perintah Pembunuhan)

Saat itu, Irfansyah sedang bersama Yusuf, salah satu eksekutor yang kini masih melarikan diri. Irfansyah pun mengajak Yusuf untuk bertemu Kivlan dengan mengendarai mobil jenama Ertiga ke Masjid Pondok Indah.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...