Menang Besar di Pulau Dewata, Jokowi Akan Buka Pesta Kesenian Bali

Penulis: Michael Reily

Editor: Martha Ruth Thertina

12/6/2019, 10.49 WIB

Rencananya, sebanyak 220 pergelaran akan digelar dalam sebulan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali.

Presiden Jokowi Pesta Kesenian Bali
(Katadata/Donang Wahyu)
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melepas pawai dalam rangka Pesta Kesenian Bali ke-41, dari depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar, pada Sabtu, 15 Juni 2019. Kehadiran Jokowi membuka rangkaian kegiatan pesta kesenian terbesar nasional itu disebut-sebut sebagai bentuk apresiasi atas dukungan masyarakat Bali dalam Pilpres 2019.

Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan dukungan masyarakat Bali besar dan hal ini sudah disampaikannya kepada Presiden. "Saya bilang kepada Presiden bahwa beliau sudah menang, bahkan dengan kemenangan sebesar 91,68% menjadi yang tertinggi di antara semua provinsi di Indonesia," kata Wayan seperti dikutip Antaranews, Rabu (12/6).

Menurut dia, detail untuk prosesi pelepasan pawai oleh Jokowi sudah dibicarakan. Dinas Kebudayaan Provinsi Bali juga sudah datang ke Istana Kepresidenan untuk pemaparan persiapan pesta kesenian tersebut.

(Baca: Kemenpar Siapkan Ubud Sebagai Contoh Destinasi Wisata Kuliner )

Rencananya, Jokowi akan hadir bersama Ibu Negara Iriana serta anak dan cucu. Para istri menteri Kabinet Kerja juga akan hadir. "Kita doakan agar beliau tidak ada hambatan untuk datang ke Bali," ujarnya.

Pesta Kesenian Bali berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2019. Tema yang diangkat yaitu “Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin” yang bermakna kesadaran dalam memulikan energi dengan kekuatan unsur semesta. Sebanyak 4.370 orang akan ikut serta dalam pawai.

Nantinya, akan ada sekitar tujuh pergelaran setiap hari atau total 220 pergelaran dalam sebulan pelaksanaan Pesta Kesenian Bali. Pesta akan dimeriahkan oleh 11 duta seni dari dalam negeri dan 21 partisipasi dari berbagai daerah di Indonesia. Selain pagelaran, ada juga 38 jenis lomba, 10 lokakarya, serta kegiatan seni lainnya dalam pesta kesenian tersebut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan